iklan jual beli mobil

LDII Merespons Somasi Mantan Terhadap Anggotanya, Ben Kasyafani dan Ida Royani

ben kasyafani ida royani ldii

Jakarta, Suarajatim.com - Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) merespons somasi yang dibuat oleh Elyana dan Imam Nasai, yang ditujukan kepada dua anggota aktif LDII, yaitu Ben Kasyafani dan Ida Royani.


Seperti diketahui, berita soal somasi tersebut telah menjadi perbincangan hangat dalam beberapa waktu terakhir.

Ben Kasyafani dan Ida Royani dituding bangga menjadi bagian dari Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Isu ini mencuat karena pertemuan Ben Kasyafani dan Ida Royani di podcast kanal YouTube LDII TV. Dalam video tersebut, Ben sebagai host dan mewawancarai Ida Royani.

Berikut tanggapan LDII: "Ada somasi ke Ben dan Ida Royani memang mereka ngapain? Bakar Gereja, Masjid atau rumah kan enggak? Somasi itu menurut saya aneh," ungkap Ludhy Cahyana, Ketua Departemen Komunikasi, Informasi, dan Media LDII, saat diklarifikasi oleh Suarajatim pada hari ini, 21 Oktober 2023.

Elyana dan Imam mengklaim bahwa somasi tersebut diajukan dengan niat baik, salah satunya adalah untuk mencegah masyarakat agar tidak terjebak dalam ajaran yang dianggap menyimpang.

Ludhy memandang tindakan mantan anggota LDII ini sebagai upaya kampanye hitam. Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa tindakan tersebut melanggar Hak Asasi Manusia, terutama dalam hal kebebasan masyarakat untuk memilih organisasi kemasyarakatan.

"Artinya kan dia mencegah orang lain untuk memiliki ormas. Nah itu kan black campaign, udah nggak pada tempatnya, melarang orang memilih ormas itu kan sudah melanggar HAM. Logikanya aneh, kok tiba-tiba mensomasi Ben dan Ida supaya masyarakat tidak masuk LDII, itu gimana? Kan itu ranah privat. LDII kan ormas," jelasnya.

Ketika ditanya mengenai keanggotaan Imam Nasai di LDII, Ludhy membenarkan bahwa Imam pernah menjadi bagian dari LDII. Namun, ia menekankan bahwa Imam tidak pernah mengalami perlakuan buruk atau dicap sebagai kafir setelah keluar dari organisasi.

"Imam Nasai memang pernah mengaji di LDII tapi dia keluar. Kalau keluar ya keluar saja, nggak ada diskriminasi seperti yang dikatakan, menajiskan apalagi mengkafirkan orang lain. Kalau soal keluarnya kenapa kita tidak bisa beritahu," tuturnya.

Sementara itu baik Ben Kasyafani dan Ida Royani, bersikap santai menghadapi stigma negatif di masyarakat terkait ormas Islam tersebut.

"Ketemu pak Jokowi saya bilang kalau saya ini LDII, seluruh dunia juga tahu kalau Ida Royani LDII, so what gitu loh," kata Ida dalam podcast yang viral tersebut.

LihatTutupKomentar