iklan jual beli mobil

Ingin Cepat Transisi Energi, PLN Dibiayai China Development Bank

  • China Development Bank menyambut baik kerja sama dengan PLN dalam rangka mengakselerasi transisi energi di Indonesia.

Beijing, Suarajatim.com - PT PLN (Persero)  resmi bekerja sama dengan China Development Bank (CDB) dalam upaya akselerasi transisi energi. Memorandum of understanding (MoU) ditandatangani oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing, serta Director of International Cooperation Division of CDB Xiamen Branch, Ruan Xuefeng di kantor pusat CDB, Beijing, China, pada Senin (16/10).


Kerja sama tersebut berupa pendanaan korporasi, pendanaan proyek, dan solusi pendanaan lainnya oleh CDB untuk transisi energi PLN di Indonesia. Selain itu, peningkatan kapasitas pegawai PLN dalam pengembangan energi terbarukan juga masuk ke dalam MoU tersebut.


Menurut Darmawan Prasodjo, penandatanganan ini merupakan bentuk nyata hubungan bilateral strategis yang terus dirawat Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Presiden China, Xi Jinping.

Darmawan juga menegaskan bahwa PLN terus berupaya mempercepat terjadinya transisi energi di Indonesia dengan mengurangi jumlah gas rumah kaca sebagai pelaksanaan Nationally Determined Contribution (NDC) berdasarkan Paris Agreement. 


"PLN sudah siap. CDB datang sebagai kekuatan baru, untuk memperkuat upaya transisi energi," ujar Darmawan.


Diketahui, PLN telah menjalin beberapa kerja sama dengan CDB dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kerja sama baru ini, diharapkan kolaborasi kedua belah pihak upaya mitigasi iklim berupa akselerasi transisi energi Indonesia. Dapat berkembang signifikan.


"Tantangan terbesar transisi energi adalah investasi. Kita sudah menyusun roadmap, sudah menyiapkan teknologi, sudah membangun infrastruktur. Tapi tanpa dukungan pembiayaan, semua itu tak akan berjalan," kata Darmawan.


Darmawan mengaku siap mengelaborasi perencanaan investasi yang komprehensif, termasuk proyek-proyek potensial di mana CDB akan dapat menggali potensi untuk memberikan dukungan pembiayaan.


"Kita segera menindaklanjuti rincian potensi pembiayaan ini, juga membuka diskusi lebih lanjut untuk memastikan bahwa MoU tingkat tinggi antara CDB dan PLN ini dapat benar-benar diwujudkan menjadi tindakan nyata," katanya.

President of CDB Xiamen Branch, Zeng Liqing mengapresiasi terlaksananya MoU antara CDB dan PLN. Ia mendukung penuh komitmen Indonesia dalam mempercepat transisi energi demi mencapai target pengurangan emisi hingga 2060.


"Atas nama CDB saya ingin menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan PLN kepada CDB untuk sebagian bisnis di Indonesia dan juga hubungan kerja sama jangka panjang," ujar Zeng Liqing.


"Kami mendorong kemajuan energi di Indonesia, semoga MoU ini makin meningkatkan kerja sama CDB dan PLN," pungkas Zeng.

LihatTutupKomentar