Jasa Raharja Gandeng Politeknik Negeri Manado Guna Tingkatkan Kesadaran Keamanan Berlalu Lintas

Jasa Raharja dan Politeknik Negeri Manado sepakati kerja sama terkait Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Manado, Suarajatim.com – Jasa Raharja terus menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia sebagai upaya preventif dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas.


Kali ini, kerja sama terjalin bersama Politeknik Negeri Manado terkait Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Dalam Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi. Nota Kesepahaman Bersama (MoU) ditandatangani oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang dan Direktur Politeknik Manado, Dra, Maryke Alelo, MBA, pada Kamis (9/11/2023).


Adapun maksud dan tujuan dari kerja sama tersebut di antaranya: 

  1. Memudahkan komunikasi dan kolaborasi antara PT Jasa Raharja dan Politeknik Negeri Manado dalam hal Sinergi Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas.
  2. Mengajak generasi muda untuk lebih peduli dengan keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain di jalan raya.
  3. Menjalin kerjasama yang lebih bersifat teknis lainnya jika diperlukan pada masa mendatang.


"Setelah penandatanganan MoU ini, kami berharap akan terbentuk suatu UKM berisi para millenials yang concern terhadap keselamatan lalu lintas, yang kami istilahkan sebagai Millenial Road Safety Hero," kata Munadi.


Adapun roadmap program ini adalah sebagai berikut:

  1. Literacy: mahasiswa sebagai agent of change, diajak untuk memiliki experience terhadap isu-isu lalu lintas dan mengetahui fatalitas kecelakaan langsung dari stakeholder terkait, misal dengan mengunjungi korban laka/ ahli waris. Selain itu, mahasiswa juga menggali lebih dalam proses pemeriksaan kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.
  2. Creative Campaign: mahasiswa diajak untuk membuat kampanye keselamatan yang kreatif guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ketertiban berlalu lintas.
  3. Research dan internship: mengajak mahasiswa terlibat lebih jauh melalui penelitian mengenai keselamatan sesuai dengan latar belakang akademis masing-masing.
  4. Seminar: mahasiswa melakukan publikasi jurnal dan menggelar seminar hasil penelitian yang telah dilakukan.
  5. Program JR Mengajar: program sharing knowledge dari Insan Jasa Raharja kepada mahasiswa yang diharapkan dapat memperkaya pengetahuan diluar akademis.


Menurut Munadi, kerja sama ini sangat tepat, mengingat Politeknik Negeri Manado adalah salah satu wadah akademisi dan mahasiswa yang memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan keselamatan, terutama pada generasi muda. 


"Dengan adanya kerja sama ini, kita akan lebih intens dalam membangun kesadaran kaum millenial untuk lebih peduli terhadap keselamatan, serta mendorong generasi muda untuk terlibat aktif dalam berbagai upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas," ungkapnya.


Maryeke Alelo, selaku Direktur Politeknik Negeri Manado menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Jasa Raharja yang menginisiasi Kerjasama ini. Menurutnya kerja sama ini akan berdampak baik bagi Politeknik Negeri Manado. 


Ia menambahkan bahwa dengan adanya kerjasama dengan pelaku indusri, mahasiswa menjadi paham betapa pentingnya keselamatan berlalu lintas. 


Penandatanganan MoU tersebut, juga dihadiri, antara lain Kepala Divisi Kelembagaan dan Strategi Korporasi Jasa Raharja Radito Risangadi berserta jajaran, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Amaluddin Salam, Koordinator Humas & Kerjasama Stevie Kaligis.

LihatTutupKomentar