iklan jual beli mobil

Biar Makin Modern, PLN Kolaborasi dengan 4 Startup Indonesia

  • PLN Group menandatangani kesepakatan kerja sama dengan 4 startup Indonesia di Jakarta pada Selasa (21/11).

Jakarta, Suarajatim.com – Dalam rangka penguatan bisnis, PLN Group menjalin kolaborasi dengan empat startup Indonesia, yaitu Kanggo, Rekosistem, Imajin, dan Fresh Factory. Keempatnya diketahui merupakan peserta dari program “Connext Powered by PLN” yang di dalamnya terdapat kegiatan inkubasi dan kolaborasi bersama startup. 


Hartanto Wibowo selaku Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN mengatakan bahwa kerja sama tersebut dijalin sebagai langkah progresif PLN dalam menciptakan ekosistem bisnis yang berkesinambungan demi menjadi pusat startup energi hingga kelistrikan di Indonesia.


"Penandatangan Perjanjian Kerja Sama menjadi bentuk nyata komitmen PLN dalam menjadi episentrum bagi startup energi, kelistrikan, dan turunannya, agar perusahaan dapat terus beradaptasi terhadap kemajuan teknologi dan perubahan perilaku yang serba digital di era modern," ungkap Hartanto.


Hartanto mengaku, kerja sama dengan startup adalah sejarah baru bagi PLN. Ia berharap kolaborasi tersebut dapat berkontribusi menyediakan solusi bagi permasalahan lokal. 


"Diharapkan nantinya bukan hanya bekerja sama dengan empat startup tetapi kita akan berusaha membangun ekosistem bersama-sama dan menikmati perkembangan industri energi ini secara bersama-sama.Tahun 2024 kita sudah menyiapkan program yang besar daripada 2023 intinya adalah kita ingin menjadi  rumah besar dari episentrum pengembangan startup Indonesia," ungkap Hartanto.

Pada kesempatan yang sama, CEO Fresh Factory, Larry Ridwan, menyambut baik kolaborasi dengan PLN. Baginya, PLN adalah partner terbaik.


"Kami rasa tidak ada partner yang lebih baik untuk mendukung kami di bidang ini selain PLN ya. Jadi saya rasa sinerginya akan luar biasa. Ini hanya awalan dari semua perjalanan dan Insya Allah ini bisa membawa kita jadi unicorn," katanya.


Adapun kerja sama yang dijalin antara PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Barat dan PLN Icon Plus dengan Fresh Factory adalah dalam hal membangun jaringan gudang cold chain yang dilengkapi dengan teknologi telematika. Ini berfungsi meningkatkan kualitas penyimpanan berpendingin di Kalimantan Barat yang nantinya diharapkan dapat memperkuat program ketahanan pangan Indonesia.


Sedangkan kolaborasi antara PLN Energy Management Indonesia dengan Rekosistem adalah untuk pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan area operasi pertama di Jawa Timur. Langkah ini dapat meningkatkan bauran energi terbarukan di PLN. 


Sementara itu, PLN Icon Plus dengan Kanggo bekerja sama dalam penyediaan solusi jasa pertukangan pada platform Marketplace di aplikasi PLN Mobile sehingga pelanggan semakin mudah mendapatkan layanan PLN.


PT Haleyora Power berkolaborasi dengan startup Imajin yang bergerak di industri manufaktur on demand. Kerja sama ini memudahkan usaha manufaktur skala kecil dan menengah Indonesia dalam memanfaatkan mesin-mesin canggih yang dimiliki oleh PLN untuk meningkatkan kualitas serta Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk lokal Indonesia.


Connext Powered by PLN sendiri merupakan program inkubasi dan kolaborasi untuk membangun ekosistem PLN dengan melibatkan berbagai startup baik yang berhubungan langsung dengan kelistrikan dan tidak berhubungan langsung. Seluruh startup yang bekerja sama telah melalui tahap seleksi dan tahap inkubasi atau pendampingan eksplorasi bisnis yang berlangsung sejak Maret hingga November 2023. 

LihatTutupKomentar