iklan jual beli mobil

Tanam Pohon: Kontribusi Positif BRI Life Membangun Kesadaran Lingkungan

BRI Life tanam pohon

Bandung, Suarajatim.com - BRI Life aktif mendukung peringatan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 28 November, dengan tujuan utama untuk mendorong penghijauan dan meningkatkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.


Selain sebagai upaya pelestarian, kegiatan penanaman pohon diwujudkan sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan bersama untuk melindungi bumi dari dampak pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

Melalui usaha menjaga kelestarian lingkungan, diharapkan bumi tetap terjaga dengan baik, memberikan manfaat bagi keberlanjutan kehidupan manusia.

I Dewa Gede Agung, Plt. Direktur Utama BRI Life, menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari upaya BRI Life untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Hal ini dilakukan dengan melakukan penanaman pohon dan menjaga kelestarian di sekitar tempat tinggal masing-masing.

"Hari Menanam Pohon Nasional yang diperingati setiap tanggal 28 November, memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan serta lingkungan melalui penanaman pohon," ujar Dewa.

Di Jawa Barat, BRI Life menjalin kerjasama dengan Family Farm Lembang sebagai mitra binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian dan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Barat. Mereka melaksanakan program Pengadaan Green House dengan Instalansi Irigasi Tetes di Kabupaten Bandung Barat. Tujuan kegiatan ini adalah memanfaatkan lahan secara optimal dan mengoptimalkan penggunaan air untuk pengurai nutrisi dalam media arang sekam dan cocopit, menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar.

Sementara di Jawa Timur, BRI Life berkolaborasi dengan Kelompok Tani Hutan Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, dibantu oleh Yayasan Profauna Indonesia. Mereka memberikan bantuan berupa pembelian bibit buah mangga, sirsak, dan nangka. Selain itu, BRI Life juga mendukung biaya pendirian Pondok Petani di wilayah tersebut. Pemberian bibit ini diikuti dengan pendampingan untuk memastikan pertumbuhan optimal.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu petani menanam pohon dengan nilai ekonomis, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar hutan, serta menjadi daya tarik wisata di jalur lintas selatan Jawa.

Selanjutnya, di Yogyakarta, BRI Life bekerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Pemerintahan Desa Turunan, Kelurahan Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Mereka melakukan penghijauan melalui Penanaman Bibit Tanaman Alpukat.

Dewa menjelaskan, "Banyak manfaat yang didapat dengan menanam pohon, selain dapat mengurangi dampak erosi karena tanaman pohon memiliki akar yang dalam sehingga mengikat air dan tanah, pohon buah-buahan yang ditanam kelak jika dirawat dengan baik buahnya akan memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat setempat, dengan demikian kita dapat meminimalisir kerusakan hutan sekaligus memberikan nilai tambah kepada masyarakat."

Selain program penanaman pohon di tiga wilayah tersebut, dalam rangka peringatan Hari Pohon Nasional pada 28 November 2023, BRI Life juga menyelenggarakan kegiatan bagi-bagi bibit tanaman/tanaman hias. Hal ini ditujukan bagi nasabah yang mengunjungi sepuluh kantor layanan BRI Life di seluruh Indonesia pada tanggal tersebut.

Mariana T. Lengkey, salah satu nasabah BRI Life yang mengunjungi kantor layanan Manado, menyampaikan, "Terima kasih BRI Life sudah turut menghijaukan bumi untuk masa depan kita."

LihatTutupKomentar