iklan jual beli mobil

Kinerjanya Diakui di Asia, Dirut PLN Raih Penghargaan Executive of The Year

  • Dirut PLN Darmawan Prasodjo dinobatkan sebagai Executive of The Year tingkat Asia berkat inovasi yang terjadi pada tubuh PLN.

Jakarta, Suarajatim.com – Pada Selasa (23/1) di Bangkok, Thailand, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menerima penghargaan yang ke-21 atas kepemimpinannya dalam mengelola bisnis korporasi besar PT PLN (Persero). 


Ia dinobatkan menjadi Executive of The Year sektor energi dalam ajang The Asian Management Excellence Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Asian Business Review.


Darmawan dinilai memiliki visi kepemimpinan yang kuat sehingga PLN mampu bertransformasi di segala lini. 


Di acara yang sama, Divisi Komunikasi Korporat dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN menyabet penghargaan Team of The Year. 


Editor Asian Businees Review, Simon Hyett, menjelaskan bahwa ajang ini digelar untuk memberikan apresiasi kepada individu maupun perusahaan yang visioner dan inovatif serta melakukan inisiatif mutakhir dalam bisnis maupun manajemen. 


"Ajang ini bukan sekedar pengakuan individu dan pencapaian organisasi, tetapi merupakan bukti kekuatan kolaborasi, inovasi, dan tekad," kata Simon.


Ia berharap penghargaan tersebut dapat memberikan inspirasi dan semangat sehingga lahi pemimpin-pemimpin baru yang visioner dan inovatif.


"Dedikasi yang telah diberikan pada perusahaan mampu menghasilkan prestasi yang menginsipirasi semua pihak. Keberhasilan ini memberikan contoh cemerlang bagi semua pemimpin dan calon pemimpin di kawasan ini," kata Simon.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan rasa terima kasih atas dua penghargaan yang diberikan dalam ajang tersebut. Ia mengatakan bahwa pencapaiannya juga merupakan buah dari kerja keras seluruh insan PLN yang tekun menerapkan transformasi menuju transisi energi.

“Penghargaan ini bukan untuk saya sebagai Direktur Utama PLN, tetapi untuk seluruh insan PLN yang telah bekerja keras menjalankan transformasi perusahaan secara menyeluruh untuk terus meningkatkan pelayanan,” ungkap Darmawan.


Dalam 3 tahun kepemimpinannya, Darmawan telah berhasil melakukan inovasi dan efisiensi yang didasarkan pada digitalisasi. Ia mampu menyederhanakan proses bisnis sehingga dapat dipantau secara real time dan tantangan dapat direspons dengan cepat.


“Dulu, proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan dilakukan secara parsial. Sistem lama ini membuat proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tidak memiliki ukuran yang pasti. Kami melakukan transformasi dengan basis digitalisasi,” ujar Darmawan.


PLN juga tengah gencar dengan berbagai program transisi energi demi menjawab tantangan pemanasan bumi menuju Net Zero Emissions di tahun 2060.

LihatTutupKomentar