PLN dan Lima Mitra Teken Kesepakatan untuk Pengembangan Infrastruktur Kendaraan Listrik di Indonesia

PLN (Persero) dan Lima Mitra Teken Kesepakatan Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Layanan Pengisian Rumah (HCS)

Suarajatim.com - PT PLN (Persero) bersama lima mitra resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam upaya pengembangan dan penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Layanan Pengisian Rumah (HCS). Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan di booth PLN 'Electric Vehicle Ecosystem' dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, di JIEXPO Kemayoran Jakarta, pada Kamis (15/02).

Menurut Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, PLN bertekad mendukung peralihan dari kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik guna mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Salah satu langkah nyata adalah dengan membangun infrastruktur kendaraan listrik untuk mendorong adopsi yang lebih luas di masyarakat.

"Ini adalah bukti nyata bahwa transisi dari kendaraan berbasis fosil ke kendaraan listrik ramah lingkungan, itu kami permudah dan ini adalah suatu upaya meningkatkan customer experience yang menjadi komitmen dari PLN," ujar Darmawan.

Darmawan juga menegaskan bahwa PLN tidak dapat melakukannya sendiri dalam mengakselerasi pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia. Oleh karena itu, kerjasama dengan berbagai pihak dibutuhkan untuk memperluas jaringan pengisian daya listrik.

"Kami sangat bersyukur bahwa hari ini kita berhasil menandatangani MoU dan PKS dengan lima mitra swasta dalam penyediaan SPKLU di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa sinergi kita kian kuat dalam memasifkan SPKLU dalam menguatkan ekosistem EV sehingga masyarakat menjadi yakin untuk beralih karena stasiun pengisian kendaraannya sudah ada dimana-mana," tambah Darmawan.

Lebih lanjut, Darmawan menjelaskan bahwa kerja sama yang terjalin melibatkan beberapa mitra, termasuk PT Vinfast Automobile Indonesia untuk pengembangan infrastruktur SPKLU dan HCS. Selain itu, empat mitra lainnya seperti PT Arista Elektrika Nusantara, PT High Volt Technology, PT Exelly Elektrik Indonesia, dan PT Utomo Chargeplus Indonesia juga terlibat dalam penyediaan infrastruktur SPKLU dengan PLN menyediakan pasokan listrik dan platform.

PLN juga telah meluncurkan layanan digital, EV Digital Service (EVDS), melalui aplikasi PLN Mobile, yang memungkinkan pengguna kendaraan listrik untuk mengakses berbagai informasi dan layanan terkait, seperti lokasi stasiun pengisian, transaksi pengisian daya, pemantauan konsumsi daya, pengajuan layanan pengisian di rumah, dan fitur test drive.

Hingga saat ini, PLN telah berhasil menyediakan listrik untuk 1.124 SPKLU dan 1.839 SPBKLU yang tersebar di 427 lokasi, baik milik PLN maupun mitra dan swasta. PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah infrastruktur tersebut guna mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia.

LihatTutupKomentar