iklan jual beli mobil

Pendaftaran Mudik Gratis Bersama BUMN Telah Dibuka, Jasa Raharja Pastikan Kesiapan Semua Lini

  • Kementerian BUMN kembali menggelar Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 sebagai wujud komitmen BUMN untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Jakarta, Suarajatim.com – Mudik bersama BUMN kembai digelar pada Lebaran 2024 ini. Nantinya pemudik akan dibagi dalam tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit Bus, 60 unit Kereta Api dan 15 unit Kapal Laut dengan tujuan lebih dari 200 kota di seluruh wilayah Indonesia.


Pendaftaran program “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024” sudah dapay dilakukan mulai 1 Maret 2024 melalui masing-masing platform BUMN tanpa dipungut biaya apapun.


Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya guna menciptakan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pemudik.


“Tahun ini, sebanyak 84 perusahaan BUMN dan anak Perusahaan BUMN, telah siap menyambut dan melayani lebih dari 80.215 pemudik," kata Menteri BUMN, Erick Thohir dalam Press Conference Mudik Bersama BUMN 2024 di Jakarta (5/3).


Erick mengungkapkan, bahwa tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan pemudik hingga 22%. Mengantisipasi hal tersebut, Menteri BUMN menunjuk PT Jasa Raharja dan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN sebagai koordinator untuk memastikan kesiapan armada transportasi, pengaturan rute perjalanan, hingga penyediaan fasilitas dan pelayanan yang memadai selama perjalanan.


Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, mengatakan bahwa kegiatan Mudik Bersama BUMN adalah bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN untuk membantu masyarakat yang ingin melaksanakan mudik ke kampung halamannya.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan bahwa mudik gratis ini digelar untuk mengajak masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor karena risiko kecelakaannya tinggi, mengingat sepeda motor tidak didesain untuk perjalanan jauh.


“Oleh karena itu kami mengajak semua masyarakat yang akan mudik, terlebih yang berencana menggunakan sepeda motor, agar memanfaatkan Mudik Bersam BUMN dengan armada yang lebih nyaman dan aman," imbuhnya.


Pertama kalinya di tahun ini, Mudik Bersama BUMN akan menyediakan pelayanan khusus bagi pemudik disabilitas. Di antaranya bus khusus yang dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi pemudik disabilitas, sehingga semua peserya dapat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman, tanpa terkecuali.


Tak hanya itu, dalam rangka mendukung keberlanjutan lingkungan, BUMN juga menyediakan moda bus berbasis listrik untuk mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas transportasi, serta memperkenalkan teknologi ramah lingkungan kepada masyarakat lebih luas.


“Untuk seremonial pemberangkatannya, keberangkatan kereta api dari Stasiun Pasar Senen pada 2-4 April 2024. Sementara, untuk keberangkatan bus di Pintu Silang Monumen Nasional, Jakarta, pada 5 April 2024,” tutup Rivan.

LihatTutupKomentar