iklan jual beli mobil

Beban Puncak Naik, PLN Sukses Sediakan Listrik Andal Selama Masa Siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 H

ketahanan listrik PLN
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah) ketika melakukan inspeksi langsung ke Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Pedan di Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (6/4).

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) berhasil memberikan pasokan listrik yang handal selama periode siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah yang berlangsung mulai tanggal 3 April hingga 19 April 2024. Data resmi yang dirilis oleh PLN menunjukkan bahwa selama masa siaga tersebut, Beban Puncak nasional mencapai 42.948 megawatt (MW) dengan Daya Mampu Pasok sebesar 52.916 MW.


Menariknya, pada Hari Raya Idul Fitri 1445 H (10/4), Beban Puncak mencapai 31.212 MW. Hal ini menandai pertumbuhan sebesar 3,53% dibandingkan dengan Hari Raya Idul Fitri pada tahun sebelumnya.


Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa keberhasilan PLN dalam menyediakan listrik selama momen Ramadan dan Idul Fitri tidak terlepas dari langkah-langkah mitigasi dan kesiagaan personel PLN Group di seluruh Indonesia, baik di sektor pembangkit, transmisi, maupun distribusi.


"Kami bersyukur bahwa momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat dilewati dengan lancar tanpa kendala, terutama dari sektor kelistrikan. Ini tak terlepas dari persiapan yang kami lakukan dan kesiapsiagaan lebih dari 81 ribu insan PLN Group di seluruh Indonesia," ujar Darmawan.


Lebih lanjut, Darmawan menegaskan bahwa PLN tidak hanya fokus pada masa siaga hari raya, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga keandalan pasokan listrik di masa mendatang.


Selama masa siaga kelistrikan nasional Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PLN menyiagakan lebih dari 81 ribu personel yang tersebar di 2.766 posko di seluruh titik vital kelistrikan dan pusat kegiatan publik di seluruh Indonesia.


Personel tersebut dilengkapi dengan peralatan lengkap seperti genset, UPS, Gardu Bergerak (UGB), Kabel Bergerak (UKB), Trafo Mobile, Emergency Restoration System (ERS), crane, mobil operasional, dan sepeda motor operasional.


Selain itu, PLN juga tanggap dalam mengatasi gangguan kelistrikan akibat bencana alam yang terjadi selama periode siaga Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Kesiapsiagaan personel PLN berhasil memulihkan suplai listrik secara cepat di setiap lokasi terdampak bencana alam.


Keberhasilan PLN dalam menjaga keandalan listrik selama momen lebaran juga didukung oleh upaya digitalisasi layanan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan dapat melaporkan gangguan atau kebutuhan terkait layanan ketenagalistrikan secara langsung melalui PLN Mobile, dan petugas akan menindaklanjutinya dengan cepat.(*)


Ikuti berita PLN dari Google News 

LihatTutupKomentar