iklan jual beli mobil

Bikin Netizen Salfok, Ini 10 Fakta Istri Yusril Ihza Mahendra, Mualaf Cantik Keturunan Jepang

  • Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra, ternyata punya istri cantik. Tak tanggung-tanggung usianya bahkan lebih muda 27 tahun. Seperti apa sosokya?

Yusril ihza mahendra dan istri keduanya

Suarajatim.com - Yusril Ihza Mahendra mencuri perhatian warganet. Bukan karena karier politiknya, melainkan karena istrinya yang cantik dan muda. 


Menurut netizen, istrinya terlihat seperti gadis yang baru lulus SMA. Netizen pun keheranan bagaimana Yusril bisa mendapatkan wanita yang jauh lebih muda darinya itu. Tak sedikit yang menanyakan pelet apa yang Yusril pakai.


Yusril pun nampak senang menanggapi komentar-komentar jahil netizen ini.


"Pake doa yang mustajab kali. Bukan pake pelet," balas Yusril dengan emote menangis.


"Ya bisa juga pake pelet dan minyak sinyongnyong," tulisnya membalas komentar netizen yang lainnya.


Lalu siapa sebenarnya sosok wanita cantik yang mendamping ketua Partai Bulan Bintang ini? Berikut fakta istri Yusril Izha Mahendra yang tak kena sorotan media.


1. Bukan Keturunan Indonesia

Istri cantik Yusril Ihza Mahendra bernama lengkap Rika Tolentino Kato. Ia bukanlah keturunan Indonesia, melainkan blasteran Jepang, Filipina, dan Spanyol.


2. Lebih Muda 27 Tahun

Perbedaan usia antara Rika dan Yusril terpaut jauh. Diketahui mereka menikah di tahun 2006 saat Rika berusia 23 tahun, sementara Yusril 50 tahun.


3. Pernikahan Kedua

Sebelum menikah dengan Rika, Yusril pernah membangun rumah tangga dengan Kessy Sukaesih. Namun kandas di tengah jalan dan resmi bercerai pada tahun 2005.


4. Lulusan Oxford

Meski netizen menyangka Rika seperti anak yang baru lulus SMA, nyatanya latar belakang pendidikan istri Mantan Mensesneg ini mentereng punya. Ia merupakan lulusan psikologi dari Assumption College, Makati, Filipina. Rika kemudian melanjutkan studi hingga mendapat gelar dari Oxford University, Inggris.


Sebelum menikah dengan Yusril, Rika adalah seorang staf pengajar di salah satu universitas terkemuka di Filipina.


5. Kenal Lewat Jalur Orang Tua

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana Yusril dan Rika saling mengenal. Ternyata Yusril merupakan teman dari orang tua Rika. Dari sanalah keduanya bertemu hingga menikah. 


6. Pindah Agama dan Kewarganegaraan

Dua minggu sebelum menikah, Rika memutuskan pindah ke agama Islam. Uniknya, proses mualaf dibimbing sendiri oleh Yusril. Sebagai kepala keluarga, Yusril mengajarkan Rika lebih dalam mengenai ajaran Islam hingga mengajaknya umroh. Tak hanya itu, Rika Kato juga berganti kewarganegaraan menjadi WNI.


7. Punya Dua Anak

Pasutri yang menikah selama 17 tahun ini, telah dikaruniai dua anak. Yakni Ishmael Zacharias Mahendra (laki-laki) dan Anissa Zulaikha Mahendra (perempuan).


8. Tak Aktif di Sosial Media

Rika Kato nampaknya tak aktif di sosial media. Meski berkali-kali mengunggah foto istrinya di Instagram, Yusril tak pernah me-mention sosial media milik Rika sekalipun. Berbeda dari istri pejabat yang hobi memamerkan kesehariannya, Rika Kato nampaknya anteng hidup jauh dari sorotan kamera.


9. Suka Barang Branded

Dilihat dari beberapa unggahan Yusril di sosial media, Rika Kato kerap tertangkap kamera mengenakan tas mahal.


Salah satunya yang ia kenakan saat Lebaran. Tas berwarna putih tersebut disinyalir adalah model Chanel White Quilted Caviar Medium Classic Double Flap Ghw yang harganya mencapai USD 11.600 atau setara Rp186,9 juta.

Di kesempatan lain, tepatnya saat berlibur ke Jokkaido, Jepang bersama sang suami, Rika Kato nampak mengenakan tas slempang Dior Travel Nomad Pouch. Berdasarkan situs Brag My Bag, harganya mencapai USD 2400 atau setara Rp38,6 juta.


10. Gak Matrealistis

Dalam salah satu unggahan Yusril di akun Instagramnya @yusrilihzamhd, ada netizen yang bertanya apakah istrinya menuntut jabatan atas kemenangan Prabowo-Gibran, mengingat Yusril telah banyak berperan dalam pemenangannya.


"Nggaklah. Saya nikah dengannya ketika menjadi Mensesneg. Hanya beberapa bulan nikah, saya diberhentikan jadi Mensesneg (2007). Ditawarin SBY jadi hakim MK saya gak mau. Ditawari jadi Dubes di Malaysia juga saya tolak. Sejak itu, sudah lebih 17 tahun saya gak punya jabatan apapun. Istri saya tetap saja setia mendampingi saya. Saya yakin dia menikah dengan saya karena kesadaran dan cintanya, bukan karena jabatan saya. Bukan juga karena harta. Keluarga ayahnya di Jepang bukan orang miskin, begitu juga keluarga ibunya di Philippine. Ketika kami menikah, dalam soal harta ini, kami seperti mulai dari awal lagi. Lihat aja laporan kekayaan saya kepada KPK tahun 2007. Harta milik saya tinggal 1,62 milyar rupiah. KPK menerima laporan itu. KPK tentu gak main2 menerima laporan harta," ungkap Yusril membalas komentar netizen itu.

LihatTutupKomentar