iklan jual beli mobil

Suasana Arus Mudik- Balik H+2 Makin Meningkat, Tol Jombang- Mojokerto Lakukan Pengalihan Arus

 

AIT

SJT-  Memasuki H+2 lebaran atau 12 April, secara umum arus mudik di ruas tol Astra Infra berangsur landai, namun kondisi lalin di ruas tol Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, pada 2 hari pasca lebaran mengalami lonjakan signifikan. Peningkatan arus lalin terjadi karena faktor mobilitas silaturahmi dan puncak arus mudik di tol Jombang–Mojokerto yang berbeda dengan ruas tol Astra Infra lainnya. Kepadatan sempat terjadi di exit gerbang tol Bandar, dikarenakan meningkatnya volume kendaraan di jalur arteri Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang menuju Kediri. Kemacetan ini dipicu kepadatan arus lalu lintas di Simpang Tiga Mengkreng yang merupakan titik pertemuan tiga kabupaten yakni Kediri, Jombang, dan Nganjuk.

Sebagai salah satu upaya penguraian kepadatan ini, pihak kepolisian sempat menerapkan rekayasa lalu lintas. Kendaraan dari arah Surabaya yang melalui Tol Jombang–Mojokerto diarahkan keluar di Jombang/Nganjuk. Pengalihan arus lalu lintas ini untuk mengurangi volume kendaraan di Exit Bandar. Tercatat pada H+2 lebaran, sekitar 86 ribu kendaraan melintas di ruas tol Jombang–Mojokerto. Meningkat 41,9 % dari hari sebelumnya. Memasuki H+2 lebaran, secara total, sejumlah 344.106 kendaraan melintasi ruas Tangerang–Merak, Cikopo–Palimanan, dan Jombang–Mojokerto pada 11 April 2024. Secara akumulasi, sejak 31 Maret hingga 11 April 2024, total sekitar 3.362.753 kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol tersebut.

Sementara itu, di Astra Infra Toll Road Cikopo–Palimanan, mencatat sekitar 60 ribu kendaraan melintas pada H+2 lebaran. Pada tanggal 11 April pihak kepolisian memberlakukan contra flow di KM 152–169 hingga pukul 16.30 WIB sebagai upaya penguraian keramaian arus lalu lintas. Selain itu, di Astra Infra Toll Road Tangerang–Merak terpantau sekitar 126 ribu kendaraan melintas, atau meningkat sekitar 11 % dari hari sebelumnya. Peningkatan lalin dipengaruhi arus silaturahmi dan wisata, dilihat dari adanya peningkatan lalin pada gerbang tol yang mengarah ke tujuan wisata seperti Cilegon Timur dan Serang Timur, dengan kondisi lalu lintas secara umum lancar. 

LihatTutupKomentar