Skandal Foto Azwar Anas, Pengamat Politik: Dalam Pertarungan, Rekam Jejak Pasti Akan Dibuka

Azwar Anas (kanan) saat menerima surat keputusan sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur dari PDI-P
Suarajatim.com - Skandal foto syur yang menimpa Bupati Banyuwangi yang juga bacawagub Jatim Azwar Anas dinilai oleh beberapa pengamat bukanlah hal yang mengejutkan.
Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni

"Ini (foto) memang di luar dugaan kita, tapi di dalam politik, ini hal yang tidak lagi mengejutkan," tandas Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini.

Titi menjelaskan, jika berbicara perputaran politik 2018 menuju tahun politik 2019 maka pertarungan politik sudah dimulai jauh-jauh hari pada saat proses pencalonan. Kondisi sudah memanas sejak masing-masing partai mencari siapa calon yang bakal diusungnya. Kemudian ketika muncul nama-nama calon pasangan, maka kondisi semakin memanas.

"Di dalam politik, karakternya memang seperti itu, rekam jejak seorang tokoh publik pasti akan dibuka sedemikian rupa, pasti akan menjadi sorotan, termasuk yang berkaitan dengan Azwar Anas tadi," ujarnya.

Meskipun foto-foto syur yang menimpa Azwar Anas sangat disayangkan namun dalam konteks politik menurut Titi  bukanlah hal baru bila sesuatu terjadi dan menimpa siapapun. Karena itu, tambahnya yang perlu disikapi dengan kondisi politik saat ini adalah kecerdasan dari masyarakat yang mendapatkan informasi.

"Dalam politik, rekam jejak seorang figur tokoh politik pasti akan dibuka dan dicari-cari banyak orang, jadi memang masyarakat yang harus proporsional melihatnya," ujarnya.

Oleh karenanya, menurut Titi masyarakatharus dewasa menyikapi kondisi politik saat ini dan harus bisa melihat duduk persoalan terlebih dahulu. Jika terjadi hal seperti yang menimpa Anas, maka masyarakat harus dapat melihatnya secara berimbang.//cst
Share on Google Plus

About Suara Jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.