Gagasan Emil untuk Jadikan Kawasan Selatan Jawa Pusat Ekonomi Baru


Pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Elistianto dardak
Amanat - Minggu (21/1) pagi lalu, suasana car free day yang digelar sepanjang Jalan PB Sudirman Pare – Kediri lebih semarak dari biasanya karena kehadiran cawagub pendamping Khofifah Indar Parawansa, Emil Elestianto Dardak bersama sang istri, Arumi Bachsin, yang tengah menyapa warga di sana.

Warga yang melihat kedatangan keduanya pun tak menyia-nyiakan momen untuk berebut foto bersama. Maklum, istri sang calon wakil gubernur adalah artis yang wajahnya sangat dikenal oleh khalayak.

“Saya bersyukur bisa bersilaturahim dengan warga di sini, mereka semua meminta saya ikhlas berjuang untuk Jatim,“ kata Arumi.

Emil dan Arumi memang sengaja datang ke Pare untuk memenuhi undangan Aliansi Santri Pemuda Ekonom dan Kiai (Aspek) se-Wilayah Mataraman yang tengah mendeklarasikan dukungan kapada pasangan Khofifah – Emil dalam kontestasi Pilgub Jatim 2018
.
Di hadapan khalayak, Emil menegaskan jika keputusannya berkontestasi di Pilgub Jatim 2018, di antaranya adalah karena dorongan untuk lebih memajukan lagi kawasan selatan Jawa Timur yang cukup potensial.

“Kami menyadari Mataraman ingin pemerintahan mendatang akan semakin fokus peningkatan kawasan selatan. Di situ mereka berharap dari seseorang yang tinggal dan mengabdi di kawasan selatan menjadi jawaban selama ini,” katanya.

Dia juga mengapresiasi deklarasi dukungan Aspek Mataraman. “Aspek ini sudah lama memberikan dukungan ke Bu Khofifah dan menerima kehadiran saya dengan baik sebagai pendamping beliau,” katanya.

Sebagaimana diketahui, selama menjabat Bupati Trenggalek, Emil memang selalu membuat terobosan-terobosan untuk menggenjot pembangunan ekonomi kawasan selatan Jawa, dan Trenggalek sebagai agregatornya.

“Kawasan selatan masih merupakan kantong kemiskinan terbesar di Jawa. Selama ini kegiatan ekonomi kita selalu orientasinya mengarah ke utara, kawasan selatan gak dianggap, tidak dibenahi,” beber Emil suatu kali dalam sebuah sesi diskusi.

Emil pernah menginisiasi beberapa kepala daerah di wilayah selatan Jawa untuk membuat rancangan pembangunan bandara baru, agar ketergantungan terhadap Surabaya sebagai pintu gerbang ekonomi Jawa Timur sedikit berkurang. Pembangunan bandara di kawasan Selatan Jawa menurut Emil akan mendongkrak secara maksimal perekonomian di wilayah pesisir Selatan, termasuk Trenggalek. Pada akhirnya, usulan pembangunan bandara disetujui oleh Presiden Jokowi.

Trenggalek sendiri akhirnya kebagian jatah untuk dibangun pelabuhan besar, yang nantinya menjadi sentral pertumbuhan ekonomi di kawasan selatan Jawa. Selama ini, pelabuhan di Laut Selatan tak kunjung dibangun lantaran memiliki ombak yang tinggi dan mitos Nyi Loro Kidul.
“Masih ada harapan besar bagi kawasan selatan. Pelabuhan harus dibangun. Karena ombaknya besar, kita bangun pelabuhan yang besar, meskipun membutuhkan biaya yang besar,” kata Emil.//CW
Share on Google Plus

About Suara Jatim

Suarajatim.com adalah portal berita yang memfokuskan sentra informasi tentang Jawa Timur dengan tidak menghilangkan topik-topik terhangat di lintasan nasional.