iklan jual beli mobil

Pulau Gili Labak, Surga Terpencil di Ujung Pulau Madura

pulau gili labak
Tugu selamat datang di Pulau Gili Labak, lengkap dengan letak koordinatnya

Madura, Suarajatim.com - Pulau Gili Labak terletak di kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura. Atau lebih tepatnya di sebelah timur Poteran, atau tenggara kalau di lihat dari kota Sumenep.

Dulunya pulau ini bernama Pulau Tikus, konon menurut masyarakat pulau ini dulunya merupakan sarang tikus. Namun seiring berjalannya waktu, pulau itu kini lebih di kenal dengan nama Pulau Gili Labak. Pulau Gili Labak dengan luas 5 hektar dihuni oleh sekitar 35 kepala keluarga.

Wisata di Sumenep

Jika kita googling, posisi pulau Gili Labak termasuk teritori Kabupaten Sumenep, Madura. Karena pulaunya tergolong kecil, jadi jangan harap anda akan menemukan pulau Gili Labak di peta karena tertutup dengan pulau pulau yang tersebar berjumlah 126 pulau.

Kecuali jika anda membuka khusus peta pulau Madura, makan akan terlihat posisi Pulau Gili Labak yang terletak pada koordinat - 7.202875,114.046499  (wow..terpencil sekali yaaa..).

peta gili labak
Posisi letak pulau Gili Labak di lihat dari Peta
Pulau Gili Labak menyimpan keindahan yang tidak kalah eksotisnya dari Gili Trawangan. Spot andalan dari pulau ini adalah keindahan terumbu karang dan biota lautnya yang memanjakan mata para pengunjung. Apalagi mereka yang memiliki hobi snorkeling dan diving.

Hamparan gugusan terumbu karang dan warna warni keragaman hayati biota laut membuat anda betah berlama lama berwisata di sana. Ditambah dengan pasir putih dan desiran ombak yang tenang, seolah olah menghipnotis para pengunjung pulau mungil yang hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk mengelilingi pulau di ujung Madura ini.

gili labak
Keindahan pantai Gili Labak dengan pasir putih yang mengundang pengunjung betah berlama lama
Perlu diketahui, fasilitas penunjang di Pulau Gili Labak tergolong masih kurang. Di sini, tidak ada sumber air tawar, sehingga kebutuhan air tawar (air bersih) sangat terbatas. Selain itu, listrik pun hanya di nyalakan pada malam hari saja.

Apa saja yang perlu dipersiapkan selama berwisata ke Pulau Gili Labak:
  1. Peralatan Snorkeling Dan Diving. Di Pulau Gili Labak belum tersedia tempat sewa peralatan snorkeling dan diving. Jadi para wisatawan diharapkan mempersiapkan sendiri barang-barang tersebut.
  2. Tenda.Para pengunjung harus membawa tenda untuk tempat istirahat karena penduduk lokal di pulau terpencil ini belum ada yang menyediakan jasa sewa penginapan sama sekali. Dan tentunya dengan mendirikan tenda di pinggiran pantai pulau ini akan menambah suasana keindahan tersendiri.
  3. Makanan. Jika berkunjung ke pulau ini, anda tidak akan menemukan rumah makan sama sekali. Kecuali hanya ada beberapa warung kecil. Jadi diharapkan membawa peralatan masak dan persediaan makanan sendiri.
  4. Tempat Sampah. Akhir-akhir ini sampah disana semakin bertebaran di pesisir pantainya seiring dengan semakin populernya pulau ini. Jadi para wisatawan diwajibkan membawa kantong sampah dan tentunya sampah itu harus dibawa pulang.

Keindahan terumbu karang dan biota lautnya tidak kalah dengan Gili Trawangan di Lombok
Perjalanan menuju Pulau Gili Labak jika ditempuh dari Surabaya, akan membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam menuju Sumenep. Saya menyarankan, jika anda ingin puas berwisata ke Pulau Gili Labak, lebih baik bermalam di Sumenep. Keesokan harinya, baru melanjutkan perjalanan menuju Pulau Gili Labak, yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam dari pelabuhan Kalianget.

Di Pelabuhan Kalianget Madura, tersedia persewaan kapal yang tarifnya berkisar 350 ribu – 400 ribu untuk 15-20 orang. Jadi jika kita ingin berhemat ada baiknya kita menawar dan usahakan rombongan agar tidak terasa mahal. Atau jika anda mau bisa melalui biro travel di Kota Surabaya, tersedia paket murah menuju Pulau Gili Labak hanya sekitar 300 ribu per orang untuk satu malam.

Untuk menuju ke pulau Gili Labak bisa ditempuh dari berbagai lokasi di Sumenep. Seperti :
  1. Pelabuhan Kalianget. Ini salah satu rute yang paling banyak digunakan. Posisi pelabuhan Kalianget yang strategis membuat pengunjung dapat dengan mudah menjaungkau Pulau Gili Labak dari rute Pelabuhan Kalianget.
  2. Desa Lobuk. Merupakan salah satu desa yang terdapat dermaga atau pelabuhan mini. Dari desa ini bisa juga menuju ke pulau Gili, baik Gili Genting maupun Gili Raja. Namun, saat ini dermaga di Desa Lobuk mulai ramai.
  3. Tanjung Saronggi. Tangjung Saronggi bisa juga menjadi rute penyebrangan menuju Gili. Dari pertigaan Saronggi, silahkan berjalan ke timur hingga mencapai pantai. Di sana juga terdapat dermaga yang banyak tersedia perahu kecil untuk menuju Gili Labak
  4. Desa Kombang. Desa Kombang terletak di kecamatan Talango. Bedanya, rute ini dari kalingat harus ke Talango dulu untuk melewati jalur darat hingga sampai di Kombang. Setelah itu pengunjung bisa langsung memesan perahu dengan harga yang lebih murah dan waktu yang lebih singkat.
Dari keempat rute tersebut waktu yang dibutuhkan hampir sama yakni sekitar dua jam. Namun semua itu tergantung cuaca dan angin yang kerap menganggu perjalanan menuju pulau Gili Labak.

Anda ingin mencoba eksotisme dan keindahan Pulau Gili Labak, manfaatkan info yang kami sampaikan. Selamat berlibur dan berakhir pecan bersama orang orang terkasih.
LihatTutupKomentar