Derawan, Kepulauan Eksotis Nan Rupawan

Maratua island underwater (foto: Indonesia.Travel)

Samarinda, Suarajatim.com - Serpihan-serpihan surga itu bernama Kepulauan Derawan yang terletak di Kalimantan Timur. Untuk sampai kesana memang dibutuhkan perjuangan. Bagaimana tidak, jika Anda berangkat dari Jakarta, itu berarti Anda harus menggunakan transportasi udara,darat, dan laut dalam satu hari. 

Kepulauan ini terdiri dari puluhan pulau-pulau kecil, namun ada tiga pulau yang wajib Anda kunjungi yakni Pulau Maratua, Kakaban, dan Sangalaki. Mari kita bahas satu per satu beserta biaya perjalanannya. Jatuh cinta pada pandangan pertama!

Ya, itulah yang mukin akan Anda rasakan ketika menapakkan kaki di pulau ini. Bagi Anda yang jenuh dengan penatnya ibu kota, tempat ini sempurna untuk melarikan diri sejenak. Bentangan jernihnya air laut, pasir putih, suasana yang sepi, dan tentu saja indah akan membayar lunas rasa lelah perjalanan Anda menuju pulau ini.

Dari semua pulau yang ada di Kepulauan Derawan, kami menyarankan Anda untuk menginap di Pulau Maratua. Terutama untuk Anda yang sedang berbulan madu. Ada beberapa penginapan di pulau ini, tapi yang paling terkenal adalah Maratua Paradise Resort.

Penginapan ini sebagian dibangun di atas laut dan sebagian lagi di tepi pantai. Tarif penginapannya yakni 990 ribu rupiah per malam per orang untuk villa di atas laut, dan 660ribu per malam per orang untuk villa di pinggir pantai. Harga tersebut sudah termasuk makan tiga kali sehari karena memang tidak ada restoran di pulau ini.

Di siang hari Anda bisa melihat dengan jelas beragam jenis ikan, penyu, dan ubur-ubur lalu lalang di sekitar penginapan. Sedangkan di malam hari Anda bisa rileksasi sambil menikmati suara ombak dan suasana alam tanpa AC, TV, dan radio. Penginapan ini memang dibuat agar para tamu benar-benar beristirahat di tengah nikmatnya alam. Oh iya, siap-siap sering kehilangan sinyal selama berada disini.

Tak hanya itu, jika Anda berkunjung ke Pulau Maratua, Anda wajib mengunjungi Gua Haji Mangku. Gua yang terbentuk akibat pergerakan lempeng bumi yang mengakibatkan terangkatnya bagian laut ini akan membuat Anda berdecak kagum.

Berbeda dengan lautan yang mengelilinginya, air di Gua Haji Mangku terasa dingin dan payau. Rasakan sendiri sensasi berenang di gua ini, kedalaman air 20 meter dan warnanya yang sangat jernih ini akan membuat Anda merasa seperti terbang karena bisa melihat karang-karang laut hingga ke dasar.
Maratua Paradise Resort
Gua Haji Mangku (Foto: istimewa)
Pulau Kakaban
Daya tarik pulau ini adalah danau ubur-ubur. Berbeda dari ubur-ubur biasanya, ubur-ubur di Pulau Kakaban tidak menyengat, atau disebut juga Stingless Jellyfish. Hanya ada dua tempat di dunia yang memiliki ubur-ubur jenis ini, yakni Pulau Kakaban dan Pulau Palau di Samudra Pasifik.

Jadi, Anda tak perlu takut gatal-gatal berenang bersama ubur-ubur di danau yang tenang ini. Untuk masuk ke danau ubur-ubur, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 20 ribu.

Pakailah pelampung dan snorkel, tapi jangan pakai kaki katak karena akan melukai ubur-ubur. Jagalah alam kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan jangan menangkap ubur-ubur apalagi membawanya keluar dari habitat.
(Foto: telusurindonesia)
Pulau Sangalaki
Kalau Pulau Kakaban terkenal dengan ubur-uburnya, Pulau Sangalaki terkenal dengan penyu dan manta. Tempat ini menjadi tempat berkembang biaknya penyu-penyu. Ada sekitar 300 penyu yang bertelur di Sangalaki setiap tahunnya dengan tingkat keberhasilan hidup 80 persen. Nah, bagi Anda yang suka diving, siap-siap melihat manta berenang indah di depan mata.
(Foto: Flicker)
Biaya dan Rute Perjalanan
  •  Pertama-tama Anda harus naik pesawat ke Balikpapan, lalu melanjutkan penerbangan ke Berau dengan menggunakan pesawat yang berukuran lebih kecil. Total waktu tempuh dengan transportasi udara adalah sekitar lima jam sudah termasuk transit di Balikpapan. Untuk harga tiket, silahkan dicari sesuai dengan maskapai yang diinginkan.
  • Sampai di Berau, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan mobil atau kendaraan umum menuju pelabuhan Tanjung Batu selama kurang lebih setengah jam perjalanan. Harga sewa mobil antar jemput Bandara – Pelabuhan – Bandara adalah Rp 800 ribu untuk 6-7 orang per mobil, diantar dan dijemput sesuai dengan waktu yang disepakati.
  • Dari Pelabuhan, Anda harus naik speed boat menuju pulau Maratua sekitar tiga jam perjalanan. Harga sewa speed boat pulang pergi Tanjung Batu- Maratua – Tanjung Batu adalah Rp 3 juta untuk 10-13 orang. Kabar baiknya adalah, bandara Maratua dikabarkan akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2016 ini jadi Anda tak perlu repot pindah-pindah kendaraan untuk sampai ke Maratua.
  • Untuk berkeliling-keliling pulau, Anda harus menyewa boat seharga sekitar Rp 2,5 juta per hari untuk boat kapasitas 4 orang, sedangkan untuk boat kapasitas lebih besar tentu harganya juga lebih mahal sekitar 6-7 juta tergantung kapasitas.
  • Penyewaan alat snorkling bisa Anda dapatkan dengan membayar Rp 50 ribu per item per hari.
 (Dokumentasi penulis tahun 2016)
LihatTutupKomentar