Daripada Berhemat, Ini Cara Agar Uang Tidak Cepat Habis Setelah Gajian

cara agar uang tidak cepat habisGunakan strategi tepat mengatur keuangan supaya gaji Anda tidak cepat menguap

Siapapun yang terpikir untuk berkeluarga, pastilah juga berangan-angan untuk membeli rumah dan menabung untuk itu. Masalahnya banyak kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Belum lagi hasrat bersenang-senang bersama sohib yang tak tertahankan. Gaji mulai terkuras, rencana menabung pun terus menerus tertunda.

Supaya tak selalu tekor, Anda perlu strategi pengaturan keuangan yang jitu untuk calon keluarga kecil Anda. Kalo Anda pikir ini sesuatu yang rumit, itu merupakan sesuatu hal yang wajar.  Namun sebenarnya Anda tidak perlu merasa seperti itu jika mengetahui formula yang tepat untuk mengelola keuangan Anda.

Ada salah satu cara yang diformulasikan oleh beberapa pakar keuangan. Cara ini tepat untuk mengatur keuangan supaya Anda bisa membeli rumah, memenuhi kebutuhan, dan tetap bersenang-senang, yaitu strategi Lima puluh-Tiga puluh-Dua puluh alias LTD. Apa Itu Strategi LTD?
Strategi LTD adalah aturan alokasi uang gaji untuk tiga pos kebutuhan dengan persentase 50%, 30%, dan 20%. Tiga pos kategori kebutuhan itu ialah:

  1. Kebutuhan sehari-hari yang paling penting dan urgent (tidak bisa ditunda) mencakup biaya tetap untuk belanja makanan, transportasi, hingga biaya bayar kost atau kontrakan. Alokasikan 50% gaji Anda ataupun gaji bersama dengan pasangan untuk pos kebutuhan ini.
  2. Masih khawatir tidak bisa bersenang-senang jika sudah membuat strategi pengaturan keuangan seperti ini? Tenang! Justru Anda dianjurkan untuk menyisihkan 30 persen uang gaji untuk keperluan seperti nonton bioskop, makan di restoran, dan berlibur. Untuk kebutuhan sedekah pun bisa kamu anggarkan dari sini.
  3. Nah selanjutnya gunakan sisa 20 persen dari gaji Anda untuk kebutuhan masa depan. Jika target punya rumah masuk dalam list ini, utamakanlah agar kalian berdua bisa segera punya rumah. Bagi Anda yang sudah punya rumah, dana ini berguna untuk kebutuhan perbaikan, renovasi, atau lainnya.

Segera Mulai Strategi Ini

Hal pertama yang dapat Anda lakukan sebelum menentukan strategi LTD adalah mengetahui secara jelas gaji per bulan yang Anda dapatkan. Tentukan juga apakah Anda akan menggabungkan pendapatan dengan pasangan untuk membuat budget tersebut.

Untuk Anda yang bekerja sebagai wiraswasta, pastikan betul rata-rata pendapatan Anda tiap bulannya. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa membagi budget dengan rata di tiap bulan.

Setelah itu, cek pengeluaran setiap bulan dari struk belanja, catatan pengeluaran, dan juga tagihan kartu kredit yang Anda gunakan. Hitung tiap pengeluaran hingga kebutuhan kecil seperti membeli tisu sekali pun.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengetahui kebutuhan mana yang sebenarnya betul-betul dibutuhkan serta mana yang termasuk overspending. Inilah waktunya untuk Anda menghemat dan fokus kepada kebutuhan yang memang perlu dipenuhi.

Apa Manfaat Menggunakan LTD?

Untuk Anda dan pasangan yang masih belum familiar dengan menata keuangan keluarga, menggunakan strategi ini dapat membuat seluruh perhitungan budgeting menjadi lebih simpel. Alokasi uang untuk masing-masing pos kebutuhan pun jadi lebih jelas.

Strategi ini juga bagus dijadikan sebagai poin pembelajaran untuk terbiasa dengan pengaturan keuangan keluarga. Selain itu, Anda pun tidak perlu repot bertanya sana-sini atau menyewa jasa financial planner untuk membantu menyusun keuangan dengan cermat.

Apakah Strategi Ini Ampuh?

Keampuhan strategi ini dalam membuat strategi perhitungan keuangan keluarga tergantung pada masing-masing individu. Namun setidaknya jika sudah terbiasa dengan pola 50%-30%-20%, Anda bisa lebih disiplin lagi menyisihkan dan mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari dan membeli rumah masa depan.

Pada dasarnya strategi LTD ini pun bersifat fleksibel dan persentasenya pun bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan. Jika di suatu saat Anda ingin menyisihkan porsi penghasilan untuk tabungan membeli rumah atau investasi lainnya, maka persentase kebutuhan sehari-hari dan budget bersenang-senang bisa Anda kurangi.

Poinnya adalah bagaimana Anda membangun sistem pengaturan keuangan keluarga setiap bulannya dengan konsisten. Bukan hanya itu tapi juga melatih Anda untuk bisa membagi pendapatan untuk meraih masa depan gemilang dan juga bisa bersenang-senang dengan cara yang wajar.

Strategi LTD ini cukup mudah untuk dipahami ‘kan onliners? Jika Anda sudah pernah menerapkannya yuk share pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini.
LihatTutupKomentar