Bayar Trans Semarang Kini Bisa Pakai AstraPay

trans semarang astrapayAcara Peresmian Kerjasama Trans Semarang dengan AstraPay sebagai pembayaran digital pertama di aplikasi Trans Semarang.
Dari kiri ke kanan: Direktur Utama NGI Agung Trianto Nugroho, Plt. Kepala BLU UPTD Trans Semarang Hendrix Setiawan, S.M., Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Semarang Drs. Kusnandir, M.M., Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Semarang Drs. Endro Pudyo Martantono, M.Si., Chief Executive Officer AstraPay


Semarang, Suarajatim.com - Trans Semarang sebagai transportasi massal di Kota Semarang menjangkau masyarakat hingga wilayah batas kota seperti Kendal, Demak, Ungaran, Purwodadi telah terkoneksi dengan transportasi lain seperti Bandara, Pelabuhan, Terminal, Stasiun Kereta.

Dengan tarif terjangkau, aman dan nyaman, Trans Semarang menjadi pilihan dalam bepergian. Hingga saat ini telah memiliki 8 koridor ditambah 3 Feeder dan Bandara Malam. Selain dengan pembayaran tunai, saat ini Trans Semarang melayani pembayaran non-tunai (cashless) dan menambah cara pembayaran cashless dengan AstraPay.

AstraPay, Pembayaran Digital Milik Grup Astra yang Solutif dan Terpercaya

Pembayaran dengan AstraPay akan tersedia di aplikasi Trans Semarang sebagai pembayaran pertama yang bisa dilakukan secara online dan bisa dinikmati oleh publik mulai Selasa, 12 Oktober 2021.

Selain melalui online, tiket Trans Semarang juga bisa dibeli melalui offline, dimana  pelanggan setia Trans Semarang dapat menggunakan fitur scan QRIS AstraPay melalui mesin EDC. Mesin akan tersedia di Halte Trans Semarang. Nantinya pengguna hanya perlu melakukan scan pada kode QR yang dimunculkan mesin tersebut. Dengan demikian pelanggan tidak perlu repot mengantri di loket Trans Semarang.

Kolaborasi pembayaran digital antara AstraPay dan Trans Semarang merupakan dukungan untuk program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Kerjasama ini juga merupakan kepedulian AstraPay dan Trans Semarang untuk menekan penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan sistem pembayaran cashless.

Plt. Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Daerah Trans Semarang, Hendrix Setiawan berharap dengan adanya kerjasama ini, pengguna jasa Trans Semarang semakin terbiasa menggunakan transaksi non-tunai (cashless).

Ia menjabarkan terkait dengan pembayaran tiket naik Trans Semarang dengan aplikasi ini, pihaknya menggandeng PT. Nusantara Global Inovasi (NGI) sebagai integrator system.

"Pembayaran menggunakan AstraPay ini dapat dilakukan di semua koridor baik di bus dan halte yang ada petugasnya", imbuhnya.

Ia menyebut saat ini Trans Semarang telah memiliki 8 koridor dan 3 feeder yang menjangkau hingga ke wilayah ujung kota Semarang dan juga terkoneksi dengan stasiun kereta, bandara dan juga pelabuhan.

Sedangkan harga tiket Trans Semarang, yakni umum (Rp3.500) dan pelajar/mahasiswa/KIA/lansia/veteran/penyandang disabilitas (Rp1.000).

Meliza Musa Rusli selaku Chief Executive Officer AstraPay berkata, "Pembayaran digital ini sejalan dengan semangat AstraPay sebagai mobility wallet yang hadir menjawab kebutuhan para pengguna dengan mobilitas tinggi."

Ia mengapresiasi kerjasama dengan Trans Semarang. Meliza juga berharap dengan masuknya AstraPay ke dalam pembayaran Trans Semarang, masyarakat Semarang jadi semakin mudah untuk berkendara umum dan beraktivitas sehari-hari.(*)
LihatTutupKomentar