mie lurus

Punya Mercy Tapi Nyuri Coklat, Berikut Fakta Seputar Kleptomania

kleptomania adalah

Jakarta, Suarajatim.com - Hari ini (15/8) sosial media ramai membicarakan kasus ibu-ibu pengemudi mobil Mercy VS pegawai Alfamart.


Ibu-ibu pengemudi mobil Mercy yang belakangan terungkap bernama Mariana ini, diduga melakukan pencurian coklat di gerai Alfamart Sempora, Tangerang Selatan. Aksinya ini kepergok oleh salah satu karyawan yang memaksanya untuk membayar barang curian itu.

Momen ini direkam oleh pegawai tersebut, dan menjadi viral di sosial media. Warganet pun geram. Tak sedikit yang menduga Mariana mengidap kelainan kleptomania.

Lantas seperti apa sebenarnya kleptomania dan apa penyebabnya? Berikut ini ulasannya.

Dilansir dari Liputan6.com, kleptomania merupakan gangguan kesehatan mental yang mendorong penderitanya untuk melakukan pencurian barang. Uniknya, barang yang dicuri biasanya bukan benda berharga, melainkan barang-barang sepele yang sebenarnya mampu ia beli sendiri.

Alfamart Tunjuk Hotman Paris Urus Pengemudi Mercy Pengutil Coklat

Barang hasil curian pun biasanya tidak pernah dipakai atau dikonsumsi karena sejatinya mereka tidak benar-benar membutuhkannya.

Saat mencuri biasanya penderita kleptomania merasakan sensasi senang dan puas. Tapi setelahnya, kebanyakan dari mereka mengalami rasa bersalah, terhina, ataupun takut tertangkap.

Gangguan mental yang langka ini sebenarnya tidak diketahui jelas penyebab pastinya. Hal ini bisa terjadi karena adanya beberapa masalah pada otak.

Mengonsultasikan diri ke psikiater menjadi jalan keluar yang baik bagi penderita kleptomania. Beberapa terapi dan obat dapat menekan munculnya dorongan-dorongan impulsif untuk mencuri.

Tentunya dukungan keluarga dan orang-orang sekitar sangat berarti bagi perubahan perilaku dan pikiran penderita ke arah yang positif. 

LihatTutupKomentar
close
mayora