Mantan Bupati Purwakarta Digugat Cerai Istrinya yang Kini Jadi Bupati

  • Dedi Mulyadi, yang merupakan mantan Bupati Purwakarta 2 periode, digugat cerai oleh Istrinya, Anne Ratna Mustika yang kini menjabat sebagai Bupati Purwakarta. Pernikahan yang sudah berjalan 19 tahun ini harus kandas di tengah karier politik keduanya yang sedang menanjak.

Suarajatim.com - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menggugat cerai suaminya, Dedi Mulyadi yang merupakan mantan Bupati Purwakarta 2 periode sebelumnya.


Wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu melayangkan gugatan cerai di Pengadilan Agama Purwakarta pada Senin (19/9/2022).


Kabar tersebut dibenarkan oleh Humas Pengadilan Agama Purwakarta, Asep Kustiwa. "Register 1662/Pdt.G/2022/PA.Pwk, penggugat atas nama Hj. Anne Ratna Mustika, dan tergugat atas nama H. Dedi Mulyadi. Sidang pertama dijadwalkan pada Rabu, 05 Oktober 2022," terangnya (21/9/2022).


Kisah cinta Anne dan Dedi terbilang menarik. Anne sendiri merupakan ponakan dari Bunyamin Dudih yang pernah menjabat sebagai Bupati Purwakarta masa bakti 1993-2003. Sedangkan Dedi ketika itu adalah anggota DPRD Kabupaten Purwakarta.


Bunyamin Dudih sempat menolak keras hubungan ponakannya tersebut karena Dedi sering mengkritisi kebijakan-kebijakannya. Namun perjuangan Dedi mampu juga meluluhkan hati paman Anne tersebut.


Lingkungan politik bukanlah hal asing bagi Ambu Anne. Selain suami dan pamannya yang sempat menduduki kursi Bupati, Ia juga memiliki ikatan keluarga dengan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 1987-1992, Suryatna Soebrata.


Maka mantan Mojang Purwakarta 2001 itu pun mencalonkan diri untuk menggantikan kepemimpinan suaminya, Dedi yang usai pada 2018. Berbekal kedekatan dengan masyarakat selama mendampingi Dedi sebagai bupati, juga keaktivannya memimpin PKK dan Dekranasda, serta narasi yang ia sajikan berupa ibu rumah tangga yang berani tampil menyuarakan aspirasi di panggung politik, Anne berhasil menggugah hati masyarakat Kabupaten Purwakarta.


Ambu Anne menjadi bupati perempuan pertama di Kabupaten Purwakarta. Ia bersama wakilnya, Aming menang pada Pilkada Kabupaten Purwakarta pada 2018 dengan raihan suara 43,8% dari total penduduk Kabupaten Purwakarta diatas 900 ribu jiwa. Dengan 60% suara berasal dari kalangan wanita.


Sementara Dedi Mulyadi atau yang akrab disapa Kang Dedi, mengawali kiprah politiknya sebagai anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, lalu lanjut satu periode sebagai Wakil Bupati Purwakarta, dan dua periode (2008-2018) sebagai Bupati Purwakarta. Kini pria berusia 51 tahun itu menjadi Anggota DPR RI fraksi Partai Golkar periode 2019-2024.


Dedi sudah giat menjadi aktivis sejak masih berstatus mahasiswa. Sosoknya diperhitungkan berbagai kalangan, baik mahasiswa maupun birokrat dan politikus. Bahkan pada tahun 1993, saat masih berusia 22 tahun, Dedi sudah dipercaya untuk menjadi penulis pidato ketua partai Golkar Purwakarta, almarhum Babisni.


Kini, alih-alih saling menopang dalam perjalanan karier politik yang sedang menanjak, Ambu Anne memilih bercerai dengan Kang Dedi yang sudah dinikahinya lebih dari 19 tahun dan memberi 3 orang buah hati.

LihatTutupKomentar