Rishi Sunak Perdana Menteri Inggris Pertama Berdarah Asia, Tajirnya Ngalahin Raja Charles III

  • Istana Buckingham secara resmi mengumumkan terpilihnya Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri menggantikan Liz Truss. Ia dipilih berkat sepak terjangnya dalam mengamankan ekonomi Inggris saat pandemi. Sunak jadi PM termuda dan berdarah Asia pertama dalam sejarah Inggris. Ia juga digadang-gadang memiliki kekayaan fantastis mengalahkan Raja Charles III.

Suarajatim.com - Rishi Sunak resmi jadi Perdana Menteri (PM) Inggris menggantikan Liz Truss yang mundur setelah 45 hari menjabat. Sunak berhasil memenangkan pemilihan Partai Konservatif, mengalahkan pesaing utamanya, Penny Mordaunt.


Hal ini diumumkan Istana Buckingham pada Selasa (25/10/2022) melalui sejumlah foto yang menampilkan bagaimana Raja Charles III menjabat tangan Sunak saat mengangkatnya menjadi PM. 


Liz Truss diketahui mengundurkan diri lantaran dianggap gagal dalam pemotongan anggaran yang berbuntut pada terguncangnya pasar keuangan dan menyebabkan pemberontakan di dalam Partai Konservatif. 


Sementara Sunak sendiri sebelumnya menjabat sebagai menteri keuangan di kabinet PM Boris Johnson pada tahun 2020-2022. Sunak dianggap berhasil mengamankan ekonomi Inggris di tengah guncangan pandemi, lewat skema cuti. 


Dikutip dari CNBC International, melalui pidatonya setelah resmi menjabat, Sunak berjanji akan menempatkan stabilitas dan kepercayaan ekonomi di jantung agenda pemerintah.


"Ini berarti ke depannya akan banyak keputusan-keputusan sulit. Tetapi Anda sudah melihat sendiri bagaimana saya berhasil melindungi orang dan bisnis dengan skema cuti saat pandemi. Saya akan membawa usaha yang sama bahkan lebih baik untuk menjawab tantangan yang kita hadapi hari ini," ujarnya.


Pria keturunan India tersebut baru berusia 42 tahun. Oleh karenanya, ia dinobatkan menjadi PM termuda sekaligus berdarah Asia pertama di Inggris.

Terkenal tajir melintir, Sunak bukanlah berasal dari keluarga sembarangan. Latar belakang pendidikannya pun mentereng. Sunak merupakan lulusan Universitas Oxford dan Stanford.


Ia dan istrinya, Akshata Murty, tercatat memiliki kekayaan gabungan sebesar 730 juta poundsterling atau setara dengan Rp 12,9 triliun pada tahun 2022. Dengan demikian, menurut Sunday Times Rich List, mereka merupakan orang terkaya ke-222 di Inggris. Bahkan digadang-gadang mampu mengalahkan jumlah kekayaan raja Charles III yang hanya sebesar US$ 600 juta atau sekitar Rp 8,88 triliun.


Kekayaan tersebut didapatkan Sunak lewat bisnis teknologi dan juga investasi. Sementara istrinya diketahui merupakan seorang putri dari miliuner India, Narayana Murty, yang memiliki harta sebesar US$ 4,5 miliar atau setara Rp 702 triliun.

LihatTutupKomentar