iklan jual beli mobil

PLN jadi Tuan Rumah Knowledge Sharing Antar Perusahaan Energi Asia

  • PT PLN jadi tuan rumah Joint Maintenance Cooperation Committee Meeting (JMCC) ke 22.
  • Acara ini merupakan ajang berbagi ilmu antar negara-negara anggotanya seputar pengelolaan transmisi, gardu induk dan trafo.

Nusa Dua, Suarajatim.com – Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PT PLN (Persero), Evy Haryadi membuka Joint Maintenance Cooperation Committee Meeting (JMCC) ke 22. Acara tersebut digelar di Countryard by Marriot, Nusa Dua Resort Hotel pada 6-7 Desember 2022. 

JMCC adalah kegiatan berbagi ilmu antar peserta yang terdiri dari PLN, Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT), Tenaga Nasional Berhad (TNB), Sarawak Energy (SEB), Sabah Electricity Sdn Bhd (SESB), dan member baru di tahun ini: Nasional Power Transmission Corporation (EVNNPT) Vietnam. 

 

Setiap tahunnya JMCC digelar secara bergantian di antara para anggotanya. Tahun ini, setelah tak terselenggara selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, PLN mendapat giliran menjadi tuan rumah untuk ke-4 kalinya.

 

PLN sendiri telah menjadi anggota JMCC sejak tahun 2003 sebagai observer di Kinabalu, Malaysia, yang sebelumnya hanya beranggotakan EGAT dan TNB.


Evy Haryadi, dalam sambutannya mengatakan bahwa acara JMCC membawa begitu banyak manfaat khususnya dalam berbagi pengetahuan seputar pengelolaan transmisi, gardu induk dan trafo untuk memajukan sistem ketenagalistrikan di Indonesia.


"Rekomendasi yang didapat dari hasil diskusi di JMCC ini benar-benar diimplementasikan oleh para enjinir khususnya di seluruh unit transmisi. Bahkan hingga kini masih dilaksanakan secara berkesinambungan," kata Evy.

Ada 3 Task Force dari masing-masing negara, diantaranya Task Force Gas Insulated Substation (GIS), Task Force Transformer (Trafo), dan Task Force Live Line Maintenance (Pemeliharaan Transmisi). Seluruhnya secara intens berdiskusi untuk mengangkat isu-isu yang sering terjadi dalam Operation Maintenance. Dengan demikian masalah yang kerap terjadi di lapangan dapat ditemukan penyelesaiannya.


Para enjinir muda PLN juga diuji kemampuannya dalam menyampaikan materi dalam Bahasa Inggris bahkan berdiskusi secara langsung. Hal ini merupakan bagian dari peningkatan kompetensi para enjinir muda PLN. 


Erwin Ansori, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian (PLN UIT JBB) sebagai Chairman PLN, pada sambutannya juga meceritakan bagaimana dirinya juga pernah menjadi bagian dari kegiatan JMCC.


Ia memulainya sebagai presenter di tahun 2005, tepatnya di Yogyakarta. Selanjutnya ia ditunjuk menjadi Komite Member. Hingga kini sebagai PLN Chairman.


"JMCC seperti menjadi suatu jenjang karir bagi saya. Suatu kebanggaan bisa terus menjadi bagian dari kegiatan yang paling dinanti oleh insan PLN yang berada di unit transmisi," ungkap Erwin. 


Erwin berharap ke depannya kerjasama antar negara anggota JMCC bisa terus terjalin. Sehingga semuanya bisa berkembang dan bersinergi dalam semangat JMCC. Tujuannya tentu agar sistem ketenagalistrikan di ASEAN dapat terus berkembang.

LihatTutupKomentar