PLN Pastikan Listrik Tetap Andal di Tengah Cuaca Ekstrem

  • Untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem yang berpotensi mengganggu penyaluran listrik, PLN melakukan beberapa pekerjaan seperti Climb Up Inspection pada beberapa SUTT di Surabaya dan sekitarnya.

Surabaya, Suarajatim.com - BMKG mengeluarkan peringatan adanya potensi cuaca ekstrim di sepanjang libur Natal dan Tahun Baru. Untuk itu, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya melakukan upaya antisipasi. Diantaranya Climb Up Inspection pada SUTT 150 kV Karangpilang, Rungkut, dimana penghantar ini mensuplai listrik untuk area Rungkut dan sekitarnya. 


Rungkut sendiri merupakan kawasan industri Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) milik BUMN yang melakukan usaha di bidang pembangunan dan pengelolaan kawasan industri serta bidang-bidang lainnya. Dimana pasokan listriknya disuplai dari Gardu Induk Rungkut dengan daya tersambung kurang lebih sebesar 61.424.800 VA untuk kebutuhan pelanggan industri serta bisnis.


General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dakhlan, mengatakan bahwa proyek Climb Up Inspection tersebut merupakan bagian dari tindakan preventif PLN dalam menjaga keandalan serta kontinuitas penyaluran energi listrik selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). 


“Dengan upaya Climb Up Inspection ini,  PLN bisa mengetahui kondisi terkini guna dilaksanakan perbaikan apabila ditemukan adanya anomali. Terlebih BMKG juga memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem pada sebagian lokasi, sehingga kami harus mengantisipasi," jelas Didik. 

Sebelumnya, BMKG juga memperkirakan beberapa jaringan di Surabaya rawan terhadap sambaran petir diantaranya SUTT 150 kV Rungkut - Surabaya Selatan dan Waru - Buduran - Sidoarjo. Untuk itu PLN melakukan beberapa upaya seperti Resetting Arching Horn demi mengoptimalkan fungsi perlindungan isolator terhadap sambaran.


“Pekerjaan ini berfungsi untuk memantau kemungkinan adanya aktifitas sambaran petir maupun kebocoran arus. Kami mengerahkan tim PDKB dari UPT Surabaya, juga tim Pemeliharaan Jaringan agar pekerjaan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien," lanjut Didik.


Pekerjaan Climb Up Inspection serta beberapa pekerjaan lainnya dilakukan tanpa melakukan pemadaman listrik pengguna. Dengan demikian diharapkan PLN dapat berhasil menjaga keandalan instalasi serta meminimalisir terjadinya gangguan, terutama dalam mendukung pelaksanaan Natal 2022 dan tahun baru 2023, khususnya di wilayah kota Surabaya maupun Sidoarjo.

LihatTutupKomentar