iklan jual beli mobil

Kilas Balik Tren Belanja Tokopedia 2022

  • Tokopedia berkembang pesat selama tahun 2022. Sejumlah fitur dan program baru dihadirkan demi memuaskan penjual dan pembeli. Maka tak heran transaksi di sepanjang 2022 meningkat hingga 10 kali lipat.

Jakarta, Suarajatim.com – Tokopedia terus mendapat animo yang tinggi dari masyarakat sepanjang tahun 2022. Ekhel Chandra Wijaya, selaku Head of External Communications Tokopedia mengatakan bahwa Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler. Adapun pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo.


Dalam mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM serta membantu masyarakat memenuhi kebutuhannya melalui aplikasi belanja online, Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal didukung teknologi geo-tagging lewat program Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!.


Melalui program Dilayani Tokopedia, transaksi meningkat 2,5 kali lipat, terutama pada popok anak, sembako, dan detergen.


“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” kata Ekhel.


Sedangkan Tokopedia NOW! menyumbang kenaikan transaksi dari penjualan beras, telur ayam, mie instan, dan roti. Tokopedia NOW! sendiri merupakan layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam. 


“Data internal kami mencatat bahwa pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,” ungkap Ekhel.

Masyarakat juga terus memanfaatkan berbagai produk serta layanan lainnya di Tokopedia untuk memenuhi beragam kebutuhan lain, seperti membayar pajak. Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB, dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.


“Penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan juga terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” tambah Ekhel.


Tokopedia menghadirkan inovasi streaming video Tokopedia Play yang memungkinkan masyarakat mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya. Ekhel membeberkan bahwa sepanjang 2022, tercatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat.


Ada pula Tokopedia Affiliate yakni program yang mempermudah siapa pun memperoleh pendapatan dengan merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial. Penggunanya meningkat hingga lebih dari 11 kali lipat di sepanjang 2022.


Tokopedia juga menghadirkan fitur Dark mode yang membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya. Selain itu ada juga fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS yang memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.


Tokopedia berkolaborasi dengan BRI menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022. Kemudian pada Agustus 2022, Tokopedia juga menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.

LihatTutupKomentar