iklan jual beli mobil

Aturan dan Ketentuan Bagasi Pesawat di Lion Air

  • Peraturan Bagasi Pesawat Lion Air: Jenis Barang yang Diperbolehkan dan Tarif yang Berlaku 

Peraturan bagasi pesawat Lion Air

Jakarta, Suarajatim.com - Saat hendak bepergian dengan pesawat, aturan dan ketentuan bagasi harus dipatuhi oleh setiap penumpang. Setiap maskapai penerbangan memiliki aturan yang berbeda, termasuk Lion Air.

Dijelaskan oleh Corproate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, bagasi pesawat terdiri dari dua jenis, yaitu bagasi kabin dan bagasi tercatat atau terdaftar. Bagasi kabin adalah barang atau benda milik penumpang yang boleh dibawa ke dalam kabin, sedangkan bagasi tercatat/terdaftar adalah barang yang diserahkan kepada maskapai untuk diangkut dengan pesawat yang sama.

Lion Air memiliki aturan mengenai bagasi yang dibawa penumpang. Penumpang kelas ekonomi diperbolehkan membawa bagasi kabin dengan berat 7 kg dan berdimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Selain itu, penumpang kelas ekonomi juga diperbolehkan menggunakan bagasi tercatat atau terdaftar dengan berat maksimal 20 kg yang akan dikenakan biaya tambahan jika melebihi kapasitas.

Namun, ada beberapa jenis barang yang dilarang dibawa sebagai bagasi pesawat, seperti bahan magnetik kuat, bahan peledak, zat beracun, semua jenis kompor, gas bertekanan tinggi, dan bahan yang mudah terbakar.

Penumpang diperbolehkan membawa barang pribadi seperti tas jinjing, bahan bacaan, kamera, dan perlengkapan bayi. Barang berharga seperti uang tunai, dokumen keuangan, perhiasan, kamera, ponsel, dan perangkat elektronik portable juga diperbolehkan dibawa.

Ada beberapa ketentuan khusus untuk bagasi pesawat Lion Air, di antaranya adalah diperbolehkan membawa kebutuhan bayi seperti botol susu, makanan, dan popok selama penerbangan namun tidak boleh lebih dari 5 kg.

Penumpang juga dilarang membawa bahan kimia dan benda tajam selama penerbangan. Semua barang cair seperti sampo, sabun, dan parfum juga harus diatur dengan baik dan aman. Barang kebutuhan bayi seperti popok, botol susu, dan makanan untuk dikonsumsi selama penerbangan tidak boleh melebihi 5 kg.

Jika penumpang membutuhkan bagasi dengan berat atau jumlah lebih banyak, maka dapat menggunakan pembelian kuota bagasi (prepaid baggage) sebelum keberangkatan. Petugas akan menimbang bagasi dan jika melebihi 20 kg maka akan dikenakan biaya tambahan agar bisa diangkut sebagai bagasi terdaftar.

Penumpang yang tiketnya tidak termasuk kapasitas bagasi juga akan dikenakan biaya. Oleh karena itu, sebaiknya penumpang memahami aturan dan ketentuan bagasi pesawat sebelum bepergian dengan Lion Air.

LihatTutupKomentar