iklan jual beli mobil

LDII Jaksel Hadiri Acara Kemenag di Pertemuan Sosialisasi Program TPQ

  • Pengurus DPD LDII Jakarta Selatan menghadiri acara 'Sosialisasi Program TPQ (Taman Pendidikan Al Quran), Rapat Koordinasi, Sosialisasi, dan Pelaksanaan Juknis Hibah Tahun 2023' yang digelar oleh Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan.

Suarajatim.com - Sejumlah pengurus DPD LDII Jakarta Selatan hadiri undangan  Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan pada Jumat, 10 Februari 2023. Berlokasi di Aula Lt. 3 Kantor Kemenag Kota Jakarta Selatan, pertemuan tersebut membahas seputar 'Sosialisasi Program TPQ (Taman Pendidikan Al Quran), Rapat Koordinasi, Sosialisasi, dan Pelaksanaan Juknis Hibah Tahun 2023' di wilayah Jakarta Selatan.


Hadir pula beberapa pengurus DKM/TPQ dibawah binaan LDII Jakarta Selatan, dengan agenda teknis terkait pengajuan ijin operasional (ijop) TPQ dan Pengajuan dana hibah bagi guru TPQ. Acara sosialisasi ini disampaikan oleh Kasi Diniyah dan Pontren Kemenag Jakarta Selatan Drs. H. Sukirman.


"Acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan program dari Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta terkait Ijin operasional (ijop) dan dana hibah untuk guru-guru TPQ di Jakarta," kata Sukirman.

Lebih lanjut Sukirman mengatakan bahwa Pendidikan Al Quran harus diatur oleh pemerintah agar punya standar yang jelas dan terukur. Dengan demikian harapannya pendidikan TPQ bisa menghasilkan output yang standar. 


"Menggunakan kurikulum tambahan tidak apa-apa, tetapi penerapan kurikulum nasional itu wajib, ini syarat untuk TPQ bisa mendapatkan Ijop tadi," terangnya.


Perhatian Kemenag Provinsi DKI Jakarta terhadap guru TPQ sangat besar, diantaranya program dana hibah sebesar Rp. 550.000 per bulan, per orangnya. Adapun syarat untuk mendapatkan dana hibah ini tentunya harus memiliki Ijop dan lembaganya jelas. 


"Tiap-tiap guru mengajukan ke TPQ nya, kemudian TPQ nya menyampaikan kepada Forum Pengelola TPQ di tiap-tiap Kelurahan untuk kemudian secara berjenjang akan disampaikan ke kami di Kemenag Jakarta Selatan, untuk kemudian akan Kami verifikasi," tambah Sukirman.

Ketua DPD LDII Jakarta Selatan, H. Mulyono turit menyambut baik acara tersebut. Ia mengaku senang turut dilibatkan oleh Kemenag Jakarta Selatan.


"Harapannya akan membawa manfaat bagi pembinaan generasi penerus di DKM-DKM naungan kami, yang tentunya akan mendukung percepatan program 8 klaster LDII di bidang SDM," ujar Mulyono.


Kegiatan dari Kemenag ini dihadiri oleh 37 perwakilan DKM/TPQ dibawah naungan LDII Jakarta Selatan serta 5 orang dari unsur PH DPD LDII Jakarta Selatan.

LihatTutupKomentar