mie lurus

Karya Mahasiswa ITS Bakal Jadi Desain Bosch Flagship Store Terbesar di Jatim

  • Bosch akan membuka flagship store terbesar di Jawa Timur, yang desainnya diambil dari karya pemenang ajang Bosch Surabaya Interior Design Competition 2023, yakni Tim Great Future yang terdiri atas tiga mahasiswa ITS.

Surabaya, Otojatim.com – Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi global terkemuka, telah berhasil menggelar kompetisi desain interior bagi mahasiswa Jawa Timur yaitu “Bosch Surabaya Interior Design Competition” (BSIDC 2023). 


Bosch menggandeng Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jawa Timur, untuk mengorganisir kompetisi dan proses seleksi, sehingga standar kualitas desain dipastikan terjaga dengan baik. Perlombaan yang diikuti oleh 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Surabaya dan Malang ini, sudah dimulai sejak Desember 2022. Setelah melalui hampir empat bulan proses seleksi, BSIDC 2023 sampai ke babak final (17/3).


“Kami sangat antusias berkolaborasi dengan Bosch dalam mencari talenta muda Jawa Timur yang akan menjadi desainer interior masa depan. BSIDC 2023 merupakan platform inspiratif bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dengan merealisasikannya menjadi karya nyata. Ajang ini juga jadi kesempatan bagi mahasiswa Jawa Timur untuk memperluas pengalaman dan memperkuat portofolio mereka sebagai desainer, sebelum nantinya berkiprah di dunia profesional,” kata Anggra Ayu Rucitra, selaku Humas dan Publikasi Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jatim.


Lima tim keluar sebagai finalis. Tiga grup berasal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), satu dari Universitas Brawijaya, dan satu dari Universitas Kristen Petra. Kelimanya telah mempresentasikan karya-karyanya di depan jajaran juri.


Adapun dewan juri yang bertugas terdiri dari perwakilan Bosch, HDII Jawa Timur, dan kalangan profesional, termasuk Budi Kurniawan (desainer interior bertaraf internasional).


Hasilnya, Tim Great Future, yang terdiri dari tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, berhasil keluar sebagai juara pertama. Disusul oleh tim JAB Studio dari Universitas Kristen Petra Surabaya di peringkat kedua dan tim Rendezvous dari ITS pada peringkat ketiga. Seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah total senilai Rp 22,5 juta. 


Karya tim juara mengusung konsep futuristik minimalis. Rencananya karya tersebut akan diimplementasikan menjadi flagship store terbesar di Jawa Timur, yang sekaligus akan jadi kantor Bosch di Surabaya. Bahkan, ada kemungkinan kreasi Tim Great Future tersebut akan dijadikan percontohan untuk gerai penjualan produk-produk Bosch di masa depan.


“Kami sangat yakin, produk-produk Bosch memiliki kualitas tinggi, garansi lebih lama, berbasis inovasi yang mutakhir, dan layanan purna jualnya tepercaya. Tak heran jika pelanggan yang sudah mencoba menggunakan produk Bosch, akan merasa puas dan loyal. Masalah yang ingin kami tuntaskan melalui flagship store ini adalah, calon pembeli yang mendatangi toko atau gerai elektronik, umumnya tidak mendapatkan keleluasaan untuk menyentuh, merasakan, dan mencoba produk secara langsung. Nah di sini mereka dapat melakukan itu semua,” kata Pirmin Riegger, Managing Director, Bosch Indonesia. 


Maka dari itu, pada kompetisi BSIDC 2023 kali ini, para dewan juri menitik beratkan prinsip 100 percent experience-focused sebagai elemen kunci penilaian terhadap desain-desain para peserta.

Ajang BSIDC 2023 juga dimaksudkan untuk menggaet pasar di kalangan muda. Karena dinilai akan menjadi konsumen potensial pada masa mendatang. Dimana berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi generasi Z di Indonesia mencapai 27,94% sedangkan generasi milenial 25,87% dari keseluruhan populasi 270,2 juta jiwa. Di Jawa Timur sendiri, populasi muda diperkirakan tumbuh mencapai sekitar 6,7 juta, atau 15,5% dari total populasi provinsi, hingga 2030.


“Saat ini kami tengah membangun generasi baru konsumen Bosch. Maka, kami ingin desain flagship store di Surabaya ini bisa dinikmati kalangan muda. Tentunya dengan melibatkan talenta muda Jawa Timur, kami harap bisa memiliki pemahaman lebih mengenai kebutuhan dan preferensi lokal. Ini juga jadi bukti, bahwa Bosch merupakan  perusahaan global dengan pendekatan yang sangat lokal,” lanjut Pirmin.


Berlandaskan desain kreasi tim Great Future, nantinya di flagship store ini masyarakat Surabaya dan Jawa Timur akan melihat, merasakan, dan mencoba kecanggihan produk Bosch secara langsung. Pengunjung juga bisa membeli langsung di tempat, didukung lokasi yang nyaman dan futuristik minimalis. Tim ahli Bosch juga disiapkan di lapangan untuk membantu pelanggan menemukan produk yang tepat sesuai kebutuhan, terutama untuk produk Power Tools, Home Appliances dan Automotive Aftermarket. 


Tak hanya itu, flagship store Bosch di Surabaya juga akan menyediakan ruang kegiatan serbaguna dan sentra pengalaman untuk para pengunjung. Spot ini dapat digunakan untuk menggelar berbagai kegiatan, seperti kelas memasak dan woodworking, dengan komunitas yang berbeda-beda.

LihatTutupKomentar
close
mayora