iklan jual beli mobil

Dirut PLN Jadi The Best CEO Versi Itech

  • Dirut PLN raih gelar Best CEO Digital Technology & Innovation Award 2023 di ajang Digital Technology & Innovation Awards 2023. PLN Group juga memborong 11 penghargaan inovasi digital lainnya.

Jakarta, Suarajatim.com - Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo kembali mendulang prestasi. Kali ini dinobatkan sebagai “The Best CEO for Corporate Digital Transformation of The Year” dari IT Telco for Performance & Competitiveness (Itech) pada Rabu (29/3).


Penghargaan tersebut merupakan buah dari kemampuan Darmawan dalam melakukan transformasi digital di tubuh PLN dari hulu hingga hilir sehingga membuahkan efisiensi dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Lewat kepemimpinan tersebut, PLN Group juga meraih 10 penghargaan inovasi digital. 


Darmawan menjelaskan bahwa PLN telah bertransformasi sejak tiga tahun terakhir.  Beragam inovasi dan efisiensi dilakukan dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya. Melalui digitalisasi, proses bisnis yang semula terfragmentasi menjadi terkonsolidasi, lebih cepat dan mampu mencetak kinerja perusahaan terbaik.


“Ini merupakan buah perjuangan segenap insan PLN dalam menata proses bisnis, dari yang berserak, terfragmentasi, dikonsolidasi dan menjadi terintegrasi. Dari yang serba manual menjadi terdigitalisasi," ujar Darmawan di malam penganugerahan “Digital Technology & Innovation Awards 2023”.


Darmawan mengungkapkan digitalisasi yang dilakukan PLN mencakup berbagai aspek, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, sistem perencanaan, sistem keuangan, sistem pembayaran, sistem pengadaan, hingga ke sistem pelayanan pelanggan.


Dalam digitalisasi pelayanan, PLN menghadirkan pelayanan yang ringkas kepada pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Sehingga kebutuhan kelistrikan pelanggan bisa langsung terjawab hanya dengan satu genggaman.


"Pelayanan pelanggan makin gesit dan lengkap, dari yang serba lambat menjadi sangat cepat, dari yang berbelit menjadi sangat ringkas, dari yang penuh kelemahan dan celah, menjadi kuat dan sangat andal,” ucap Darmawan.


Ketua penyelenggara, Irnanda Laksanawan menjelaskan, PLN telah memuat aspek-aspek dalam tantangan transformasi digital, seperti; changing corporate culture, thinking beyond a campaign mentality, cooperation between department and team resource, dan understanding behavior or impact of new connected customer.


"Penghargaan ini diselenggarakan guna mendorong perusahan-perusahaan Indonesia agar menjadi perusahaan yang berkelas dunia. Sehingga ke depannya mempunyai peluang yang besar baik di tingkat Asia maupun global," kata Irnanda.

Tak hanya Dirutnya, PLN juga memboyong penghargaan lain, diantaranya The Greatest Champions of Digital Transformation & Innovation of The Year (Energy Industries) yang merupakan penghargaan tertinggi dalam ajang ini, kemudian The Best IT Governance & The Best Digital Workplace (Energy Industries), dan The Best IT Leadership (Energy Industries). 


Empat penghargaan lainnya diraih oleh PT PLN Indonesia Power, dan tiga penghargaan untuk PT Cogindo DayaBersama yang merupakan Anak Perusahaan PLN Indonesia Power.

LihatTutupKomentar