Festival Budaya Rumah BUMN SME's HUB, Perlihatkan Budaya Lokal ke Mata Global

  • Erick Thohir mengangkat kearifan lokal Labuan Bajo melalui Festival Budaya di Rumah BUMN SME's HUB.

Labuan Bajo, Suarajatim.com – Festival budaya di Rumah BUMN SME’s HUB sukses digelar dengan meriah pada Jumat (12/5) di Waterfront Labuan Bajo. Side event dari KTT ASEAN tersebut merupakan acara besutan Menteri BUMN, Erick Thohir.


Sebelumnya, Rumah BUMN SME's Hub digelar pada 9-11 Mei 2023 khusus untuk delegasi dari negara-negara ASEAN dan tamu-tamu khusus. Namun sekarang sudah terbuka untuk masyarakat umum.


Festival budaya di Rumah BUMN SME’s HUB sendiri bertujuan untuk mempopulerkan kearifan lokal Labuan Bajo kepada masyarakat luas. Acara ini dimulai dengan prosesi penyambutan tamu spesial dengan adat Kepo Curu, kemudian dilanjutkan dengan tari-tarian prosesi Tarian Caci (Pecut/Cambuk) khas Labuan Bajo.


Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto yang mewakili Erick Thohir. Selain itu, ada juga Sekretaris Sekretariat Negara Setya Utama dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianis Weng. 


Erick Thohir sendiri telah melakukan kunjungan di acara Rumah BUMN SME’s HUB pada Selasa (9/5). Pada kesempatan itu, dirinya mengungkapkan bahwa acara ini dibuat sebagai bukti bahwa BUMN siap mendorong UMKM untuk Go Global melalui pendampingan dan pembiayaan dari Rumah BUMN.


Adapun isi kegiatan dari Rumah BUMN SME's HUB antara lain; Pameran UMKM, seni pertunjukan, festival musik, penampilan live DJ, berbagai performance seni tradisional dan kontemporer, serta kegiatan peduli lingkungan/sustainability.


Kegiatan sustainability sendiri sudah mulai dilaksanakan Kementerian BUMN bersama PlusTik sejak Minggu (7/5). Dimana para peserta bersama-sama mengumpulkan sampah yang berserakan di pantai Labuan Bajo dengan melibatkan millenial dari berbagai BUMN. 


Selain itu, terdapat juga pelatihan mengolah sampah menjadi barang berguna seperti tas, dompet, pouch dan lain-lain. Acara ini khusus bagi ibu-ibu nasabah Mekaar.  


"Harapannya,festival budaya ini dapat mempopulerkan kearifan lokal. Juga dapat memicu semangat seluruh pihak untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya leluhur Indonesia khususnya Labuan Bajo," kata Erick Thohir.

LihatTutupKomentar