iklan jual beli mobil

Memasang Roof Box New Peugeot 5008 & 3008 Allure dengan Aman dan Nyaman

Peugeot 3008 Allure Roof Box

Jakarta, Suarajatim.com - Pada musim liburan, menggunakan kendaraan pribadi adalah pilihan yang lebih mengasyikkan. Namun, seringkali pemilik mobil harus membawa barang bawaan lebih banyak dari biasanya ketika pergi berlibur. Jika kapasitas bagasi tidak mencukupi, roof box bisa menjadi solusi. Namun, memasang roof box bukanlah hal yang sembarangan.

Beberapa hal perlu diperhatikan agar tidak membahayakan saat mobil melaju di jalan raya. Roof box memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan barang bawaan tambahan yang memiliki bobot lumayan berat.

Peugeot 3008 Limited Edition Modifikasi Ini Diboyong Pria Surabaya Sebelum GIIAS

Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter, menjelaskan, "Menempatkan roof box di atap mobil akan menyebabkan perubahan dimensi dan gaya berkendara. Namun, pada Peugeot 5008, 3008, dan 2008, pemilik tidak perlu khawatir karena mobil-mobil ini sudah dilengkapi dengan roof rail yang disediakan oleh pabrik. Selama proses pemasangan dilakukan dengan benar dan menggunakan produk OEM Peugeot, tidak akan ada masalah."

Sebagai produsen mobil asal Eropa yang terkenal dengan kenyamanannya, Astra Peugeot menjalin kerjasama dengan Thule, produsen terkenal untuk roof box dan roof rack di dunia. Saat ini, Peugeot menyediakan produk roof box dan roof rack yang dirancang khusus agar mudah dan aman digunakan pada seluruh varian Peugeot.
Memasang Roof Rack Pada roof rail
Memasang Roof Rack Pada roof rail

"Peugeot menyediakan roof box dengan ukuran 330L (harga Rp 10.386.000) dan 420L (harga Rp 13.242.000), serta roof rack yang dijual terpisah (mulai dari Rp 4.691.000 hingga Rp 5.338.000). Desain dan ergonomi produk ini dirancang khusus, terutama untuk diaplikasikan pada semua varian Peugeot mulai dari 3008 dan 5008 Allure hingga yang terbaru, Peugeot 2008," tambahnya.

Pemasangan roof box pada semua varian Peugeot, mulai dari 3008 dan 5008 Allure hingga 2008, menjadi lebih mudah karena semua mobil ini sudah dilengkapi dengan roof rail. Proses pemasangannya juga tidak terlalu sulit. Pemilik kendaraan hanya perlu mengatur posisi roof rack dan memastikan bahwa roof box terisi penuh (tanpa celah) agar tidak terjadi goncangan yang berlebihan.
Peugeot 2008 Roof Rack

Langkah pertama dalam proses pemasangan adalah menyusun roof rack yang terdiri dari crossbar (batang penyangga roof box), foot pack (kaki roof rack), dan fit kit (pengunci kaki ke roof rail). Untuk menghindari kerusakan pada atap mobil, penyusunan ini sebaiknya dilakukan di bawah sebelum dipasang ke roof rail.

Rafii menekankan, "Setelah roof rack tersusun dengan baik, tempatkan foot pack pada posisi yang ideal pada roof rail mobil untuk menjaga pusat gravitasi tetap seimbang. Selanjutnya, atur jarak kanan-kiri crossbar sebelum mengunci fit kit dengan menggunakan kunci L. Untuk mencegah pencurian, tutuplah cover fit kit dan putar mata kunci searah dengan jarum jam."

Setelah roof rack terpasang dengan presisi, langkah berikutnya adalah memasang roof box. Prosesnya sangat sederhana karena roof box dilengkapi dengan clamp yang berfungsi sebagai pegangan dan pengunci roof box ke roof rack.(*)
LihatTutupKomentar