PLN Buktikan Kesiapan Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia di PEVS 2023

  • PLN hadir di PEVS 2023 membawa misi menarik minat sebanyaknya masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. 
  • Selain ramah lingkungan, mobil dan motor listrik lebih hemat biaya operasional, ekosistemnya pun sudah sangat siap.

Jakarta, Suarajatim.com – PT PLN (Persero) hadir menampilkan showcase ekosistem kendaraan listrik di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 yang akan berlangsung pada 17-21 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran.


Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, beralih ke motor dan mobil listrik punya keuntungan berlipat dari sisi ekonomi. Menurutnya, menggunakan kendaraan listrik mampu menghemat biaya operasional hingga 75%.


Tarif listrik sebesar Rp1.699 per kilowatt hour( kWh), hanya diperlukan sekitar Rp2.500 untuk sepeda motor listrik menempuh jarak 50 km dan 10 km untuk mobil listrik. Sedangkan jika menggunakan BBM bisa menghabiskan sekitar Rp14 ribu untuk menempuh jarak yang sama.


"Ini adalah salah satu bentuk keberpihakan Negara terhadap rakyat dalam hal meringankan biaya transportasi. Dengan menggunakan motor listrik, masyarakat lebih hemat biaya 75% dibanding menggunakan sepeda motor berbasis BBM," ujar Darmawan.


Darmawan menambahkan, dengan menggunakan kendaraan listrik masyarakat juga akan berhemat dalam sisi perawatan. 


“Motor atau mobil listrik tidak memerlukan penggantian oli. Selain itu, spare part motor dan mobil listrik juga lebih sedikit dibandingkan yang berbasis BBM,” tutur Darmawan.


Darmawan juga meyakinkan masyarakat bahwa kini ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sudah semakin kuat. Kementerian BUMN bahkan telah mendorong terciptanya industri baterai dalam negeri melalui Indonesia Battery Corporation (IBC).


Infrastruktur ekosistem kendaraan listrik lainnya seperti Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), layanan pengisian baterai di rumah (Home Charging), hingga platform one stop services untuk pemilik kendaraan listrik yaitu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) telah tersedia. Semuanya bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile.


"Harapannya, akan terjadi perubahan dari energi berbasis impor yang kotor dan mahal menjadi energi berbasis dalam negeri yang murah, ramah lingkungan dan dapat mereduksi emisi karbon," ungkapnya.


PLN mengajak masyarakat untuk berkunjung ke PEVS 2023 dan merasakan langsung bagaimana ekosistem kendaraan ramah lingkungan ini telah siap diterapkan di Indonesia.


"Peralihan menuju transportasi berbasis listrik adalah upaya bersama yang dapat berdampak signifikan untuk lingkungan dan masa depan anak-cucu kita," tutup Darmawan.

LihatTutupKomentar