iklan jual beli mobil

Fasilitas Siap, PLN Yakinkan Masyarakat Pindah Ke Kendaraan Listrik

  • PEVS 2023 hadir untuk meyakinkan masyarakat agar beralih dari kendaraan BBM ke listrik. 
  • PLN turut serta dalam pameran tersebut untuk memperlihatkan kesiapan ekosistem EV di Tanah Air. 

Jakarta, Suarajatim.com - Pagelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) secara resmi dibuka oleh Jend (Purn) Dr. Moeldoko, selaku Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) pada Rabu (17/5).


Pameran tersebut dibuat untuk mendorong keinginan masyarakat beralih dari kendaraan BBM ke kendaraan listrik. Dimana hal yang sama juga tengah digencarkan di seluruh dunia.


Moeldoko mengatakan bahwa KTT ASEAN ke- 42 di Labuan Bajo minggu lalu membawa signal positif untuk Indonesia menjadi motor penggerak industri kendaraan listrik di kawasan ASEAN.


"Para pemimpin ASEAN sepakat dalam membangun sistem untuk berkembangnya electric vehicle (EV) di seluruh negara ASEAN. Semua sepakat untuk membangun sistem bersama agar ASEAN bisa menjadi pusat pertumbuhan EV global,” kata Moeldoko.


Indonesia bersama negara ASEAN lain juga sepakat mengembangan industri baterai, dimana Indonesia telah lebih dulu melakukan trobosan dalam hal penelitian dan juga pengembangan industri tersebut.


“Dua hal ini menunjukkan bahwa Indonesia menjadi faktor pengungkit akan perkembangan mobil listrik dunia. Ini luar biasa. Kesepakatan itu dilakukan pada saat Indonesia menjadi Ketua ASEAN Summit kemarin,” lanjutnya.


Moeldoko menekankan bahwa peralihan menuju kendaraan listrik adalah langkah besar untuk menjaga keberlanjutan masa depan bangsa dan dunia.


“Saya harap teman-teman, para pengusaha, fasilitator, pemegang kebijakan, jangan ragu lagi. EV adalah kendaraan masa depan,” pungkasnya.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyatakan dukungan penuh terhadap pameran PEVS 2023. Langkah ini merupakan bukti nyata hadirnya BUMN untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.


“PLN akan terus mendukung segala program Pemerintah untuk percepatan ekosistem kendaraan listrik. Salah satunya dengan menghadirkan PLN Mobile sebagai one stop solution bagi pengguna kendaraan listrik," kata Darmawan. 


PLN juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk membangun bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).


"Melalui skema franchise, kami yakin SPKLU dan SPBKLU akan semakin tumbuh subur, bak jamur di musim hujan. Ini juga akan membuat orang semakin yakin untuk menggunakan kendaraan listrik untuk perjalanan jarak jauh," kata Darmawan.


PLN terus berkomitmen untuk membangun sebuah ekosistem kendaraan listrik yang sangat kokoh, solid, produktif, dan berdaya saing.


“Peralihan ke kendaraan listrik ini akan membantu mengurangi penggunaan energi berbasis impor yang kotor dan mahal ke energi berbasis domestik yang bersih dan murah, sehingga diharapkan mengurangi impor BBM yang semakin meningkat dari tahun ke tahun," jelas Darmawan.


Sebagai tambahan informasi, booth PLN di PEVS membuka kesempatan bagi pengunjung yang ingin menjajal langsung sensasi berkendara dengan kendaraan listrik melalui unit test drive. 


PEVS merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Periklindo dan Dyandra Promosindo yang akan berlangsung pada 17-21 Mei 2023 di JIEXPO Kemayoran Jakarta.

LihatTutupKomentar