iklan jual beli mobil

PLN Dukung Periklindo Electric Vehicle Show, Sediakan Test Drive Kendaraan Listrik

  • Di Periklindo Electric Vehicle Show, PLN ajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik demi pangkas emisi karbon.

Jakarta, Suarajatim.com - PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), mendukung gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) di JIEXPO Kemayoran Jakarta pada 17-21 Mei 2023.


Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan bahwa pameran kendaraan listrik tersebut diharapkan dapat mengakselerasi terciptanya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. PLN juga membuka booth untuk menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik yang murah dan ramah lingkungan serta kesiapan infrastruktur pendukung.


"Untuk mendukung adopsi kendaraan listrik di Indonesia, BUMN berpartisipasi dalam kegiatan tersebut guna mengajak masyarakat peduli dan terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dengan beralih ke kendaraan listrik," kata Darmawan.


Transportasi menjadi salah satu penyumbang utama emisi karbon di Indonesia. Untuk itu, peralihan ke kendaraan listrik menjadi pilihan paling strategis.


Darmawan menuturkan bahwa 1 liter BBM sama dengan 1,2 kWh listrik, tetapi emisi karbon 1 liter BBM adalah 2,4 kg CO2e sedangkan emisi karbon 1,2 kWh listrik adalah 1,3 kg CO2e. Artinya, dengan menggunakan kendaraan listrik, emisi karbon akan berkurang hampir 50%.


Darmawan juga menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan listrik akan bermanfaat bagi kedaulatan energi nasional. Peralihan dari energi berbasis impor yang kotor dan mahal menuju energi berbasis domestik yang murah.


"PLN berkomitmen membangun sebuah ekosistem kendaraan listrik yang kokoh, produktif dan berdaya saing. Tujuannya tak lain agar lingkungan lebih bersih. Selain itu, untuk memberikan manfaat ekonomis bagi pengguna kendaraan listrik, serta mewujudkan kedaulatan energi nasional," tambah Darmawan.


Tak hanya itu, PLN telah mengoperasikan sebanyak 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan 1.163 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di seluruh Indonesia.


“Kami mengajak masyarakat untuk berkunjung ke booth PLN di PEVS, agar bisa langsung menjajal kendaraan listrik dan motor konversi melalui test drive yang disediakan. Peralihan menuju transportasi berbahan bakar listrik adalah revolusi bersama menuju masa depan transportasi yang lebih murah dan ramah lingkungan,” pungkas Darmawan.

LihatTutupKomentar