iklan jual beli mobil

RSIA Lombok Dua Dua Adakan Skrinning Tumbuh Kembang Anak Gratis, Dalam Upaya Zero Stunting di Surabaya

rsia lombok dua dua

Surabaya, Suarajatim.com - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-19, RSIA Lombok Dua Dua  menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang berlangsung selama bulan Mei 2023.


Beragam kegiatan ini meliputi kontes foto yang mengangkat tema “The Beauty of Motherhood”, senam hamil dengan harga spesial Rp19,000, penawaran diskon dan bingkisan bagi pasien, donor darah yang terbuka bagi karyawan dan umum, hingga kegiatan sosial berupa gratis USG dan skrinning tumbuh kembang anak.

Puncak rangkaian HUT ke-19 sendiri dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Mei 2023 berupa kegiatan sosial gratis USG dan skrinning tumbuh kembang anak.

Program USG ditujukan kepada 19 ibu hamil yang terpilih melalui sosial media Instagram @lombokduadua.

direktur rsia lombok dua dua
dr. Caesar Ardianto, M.Kes selaku Direktur RSIA Lombok Dua Dua.


Dalam program ini para ibu hamil diberikan layanan konsultasi serta skrininng USG bersama Dokter Spesialis Kandungan dari RSIA Lombok Dua Dua secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun.
 
Selain itu, RSIA Lombok Dua Dua juga melaksanakan kegiatan sosial berupa gratis skrining tumbuh kembang anak yang dikhususkan bagi anak usia dibawah 5 tahun yang terindikasi masalah stunting.

Bekerjasama dengan bidan Puskesmas Ngagel Rejo, kegiatan ini diberikan pada 20 balita stunting yang bertempat tinggal di sekitar RSIA Lombok Dua Dua.

Skrinning tumbuh kembang anak ini dilakukan langsung oleh Dokter Spesialis Anak yang berpraktek di RSIA Lombok Dua Dua.

Beberapa aspek yang akan dinilai pada skrinning tumbuh kembang anak meliputi aspek fisik yaitu panjang badan, berat badan, lingkar kepala, aspek motorik kasar serta motorik halus hingga aspek berbahasa dan kognitif anak.

jumlah stunting surabaya

“Melalui skrinning tumbuh kembang, dokter akan mencari tahu dulu penyebab serta penyakit bawaan pada anak yang dapat menyebabkan stunting. Sehingga dokter dapat memberikan rekomendasi untuk menyembuhkan dahulu penyebabnya, baru setelah itu berupaya supaya anak tersebut tidak stunting”, urai dr. M. Nadjib Moein, Sp.A sebagai salah satu dokter yang berpatisipasi.
 
Kegiatan skrinning tumbuh kembang anak bagi balita yang terkena stunting sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Surabaya menuju target Zero Stunting dan Zero New Stunting di tahun 2023 ini.

“Kegiatan ini merupakan komitmen dan upaya aktif dari RSIA Lombok Dua Dua untuk memberikan manfaat dalam menangani masalah stunting pada balita yang tinggal di sekitar rumah sakit”, ujar dr. Caesar Ardianto, M.Kes selaku Direktur RSIA Lombok Dua Dua.

“Melalui skrinning tumbuh kembang pada balita stunting, RSIA Lombok Dua Dua juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya nutrisi yang seimbang, perawatan kesehatan yang berkualitas bagi ibu hamil, serta pemantauan tumbuh kembang anak sedari dini”, pungkas dr. Caesar.

LihatTutupKomentar