iklan jual beli mobil

Pameran Pengelolaan Bencana Digelar di Jakarta, 200 Perusahaan Dari Seluruh Dunia Bakal Hadir

  • Pameran bidang pengelolaan bencana dan keadaan darurat bersekala internasional akan digelar di JIEXPO Jakarta pada 19-21 Oktober 2023 mendatang. Lebih dari 200 perusahaan dari seluruh dunia akan hadir di sana.

Jakarta, Suarajatim.com – Emergency and Disaster Reduction & Rescue Expo (EDRR) Indonesia 2023 akan digelar di Jakarta International Expo (JIEXPO) pada 19-21 Oktober 2023. Acara bersekala internasional tersebut berfokus pada solusi komprehensif dalam respons dan mitigasi resiko bencana kepada sektor swasta dan publik di wilayah Asia-Pasifik.


Sebelumnya, pameran yang digelar oleh Grup Comexposium, CPIT Shanghai (Council for the Promotion of International Trade, Shanghai) dan Shanghai International Exhibition (Group) Co., Ltd, tersebut berhasil mendulang kesuksesan di Shanghai dan Chongqing.


EDRR Indonesia rencananya akan menarik lebih dari 10.000 profesional industri dan menampilkan lebih dari 200 perusahaan dari Australia, Tiongkok, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.


Di Indonesia, pengelolaan bencana dan tanggap keadaan darurat menjadi tanggung jawab Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).


BNPB bertugas sebagai badan koordinasi utama dengan fokus pada pengurangan risiko, persiapan, respons, dan pemulihan. Kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, membuat BNPB mampu meningkatkan ketahanan nasional dan mengurangi dampak bencana. Bersama dengan BASARNAS, badan-badan ini telah memainkan peran penting dalam menyelamatkan nyawa, mitigasi dampak bencana, dan mendukung upaya pemulihan komunitas.


Pameran EDRR Indonesia akan menampilkan para pemain yang berkecimpung di bidang pencegahan dan mitigasi bencana. Meliputi peralatan penyelamatan, layanan terkait, peralatan perlindungan, layanan industri keamanan, ilmu keamanan, peralatan penyelamatan darurat kebakaran, peralatan penyelamatan menyeluruh, keamanan publik dan peralatan kepolisian, pengendalian banjir dan drainase perkotaan, perlindungan keselamatan industri, bahan pencegahan wabah, layanan industri darurat, serta pengalaman dan popularisasi ilmu keselamatan darurat. 


Nantinya pengunjung dapat berinteraksi dengan peserta dan bisa mencoba sendiri peralatan dan layanan terbaru dalam penanganan darurat dan penyelamatan. Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pencegahan bencana, dan memupuk kerja sama internasional dalam penyelamatan darurat. 


Adapun keunggulan dari EDRR Indonesia bagi para pengunjung meliputi:

  • Teknologi Terkini: Menjelajahi produk, peralatan, dan solusi teknologi canggih yang dirancang untuk meningkatkan respons bencana dan persiapan darurat.
  • Pameran Interaktif: Terlibat dengan tampilan langsung dan simulasi yang mereplikasi skenario darurat kehidupan nyata, menawarkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan dan solusi dalam manajemen bencana
  • Pertukaran Wawasan dengan  Para Ahli: Pelajari dari para ahli industri dan narasumber melalui diskusi panel, seminar, dan presentasi kunci, yang membagikan keahlian mereka dan mengatasi isu-isu mendesak dalam respons bencana.
  • Peluang untuk Membangun Jaringan: Terhubung dengan para profesional dari berbagai sektor, termasuk layanan darurat, lembaga pemerintah, organisasi nirlaba, dan industri swasta, yang memupuk kolaborasi dan kemitraan.
  • Tren dan Inovasi baru: Dapatkan gambaran tentang masa depan manajemen bencana dan menjelajahi ruang khusus yang memamerkan tren-tren baru, proyek penelitian, dan inovasi yang revolusioner dalam bidang respons bencana.

LihatTutupKomentar