mie lurus

Siswa dan Guru SMK TBSM Honda Binaan MPM Honda Jatim Meraih Prestasi Gemilang di Festival Vokasi 2023

Festival Vokasi Satu Hati (FVSH)

Sidoarjo, Suarajatim.com – Siswa dan guru dari SMK TBSM Honda yang dibina oleh PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim), distributor sepeda motor Honda di wilayah Jatim & NTT, meraih hasil terbaik dalam Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) yang diselenggarakan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM). Mereka bersaing dengan ribuan peserta yang mendaftar pada tanggal 24-25 Juni 2023 di tingkat nasional.


Ahmad Muzammil, seorang siswa dari SMK Negeri 1 Suboh Situbondo, berhasil menjadi juara pertama dalam kategori siswa, sedangkan Alifia Bayu Aji Saputra, siswa dari SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo, meraih posisi juara kedua dalam kategori yang sama. Siswa juara pertama akan mendapatkan beasiswa kuliah di Politeknik Astra (ASTRAtech) selama 6 semester atau hingga lulus, serta satu unit laptop, satu unit sepeda motor sport Honda untuk fasilitas praktik sekolah, dan apresiasi sebesar Rp. 8.000.000,-. Sementara itu, juara kedua berhak mendapatkan Beasiswa Vokasi Astra (Beasiswa Partial), satu unit laptop, dan apresiasi sebesar Rp. 6.000.000,-.

"Alhamdulillah, saya bersyukur atas pencapaian ini dan saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang saya terima dari para Instruktur MPM Honda Jatim dan juga sekolah. Akhirnya, saya bisa menjadi juara pertama dalam Festival Vokasi Satu Hati kategori siswa," ujar Ahmad Muzammil.

AHM Festival Vokasi Satu Hati (FVSH)

Sementara itu, dalam kategori guru, Bayu Ari Widiyanto S. PD, seorang guru dari SMK PGRI 2 Ponorogo, berhasil meraih posisi juara pertama dalam Festival Vokasi 2023. Ia menerima apresiasi sebesar Rp. 8.000.000,- dan satu unit Honda Genio untuk fasilitas praktik sekolah.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya menjadi yang terbaik dalam kompetisi keterampilan teknik terbesar di dunia vokasi sepeda motor di Indonesia dalam kategori Guru. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MPM Honda Jatim dan sekolah atas dukungannya. Dengan pengetahuan yang saya peroleh, saya dapat mengaplikasikannya saat mengajar di sekolah," kata Bayu Ari.

Selain meraih penghargaan untuk kategori siswa dan guru terbaik, MPM Honda Jatim juga meraih predikat Main Dealer Pembina Program Vokasi Satu Hati Terbaik.

"Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi guru dan siswa untuk terus memberikan yang terbaik bagi siswa mereka. Kami mendukung dan bekerja sama dengan dunia pendidikan dalam menyiapkan dan melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan siap untuk terjun ke dunia kerja," kata Hatmarto, Kepala Divisi HR & GA MPM Honda Jatim.

MPM Festival Vokasi Satu Hati (FVSH)

Sebanyak 21.330 siswa, 1.875 guru, dan 711 SMK berpartisipasi dalam Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) dan akhirnya terpilih 40 siswa dan 27 guru terbaik yang akan menghadapi babak final seleksi tingkat nasional.

Pada FVSH 2023, peserta dalam kategori siswa harus minimal berada di kelas XI. Para peserta tenaga pengajar diharuskan telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor. Para peserta harus melewati berbagai ujian, mulai dari perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan materi uji yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Sementara itu, para guru akan diuji kompetensi teknik mengajar.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan bahwa FVSH 2023 diselenggarakan untuk mendukung program pembangunan berkelanjutan yang tercantum dalam Sustainable Development Goals (SDG) di bidang pengembangan sumber daya manusia. Melalui kompetisi ini, AHM berharap dapat meningkatkan kompetensi siswa dan guru serta mengalibrasi pengetahuan mereka sesuai dengan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda.

"Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus menjalankan berbagai upaya pengembangan SMK mitra binaan kami. Festival Vokasi Satu Hati ini merupakan puncak dari upaya kami, bersama jaringan main dealer, dalam melakukan pendampingan dan inovasi agar proses belajar mengajar ini dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap dalam dunia kerja," ujar Muhib.

LihatTutupKomentar
close
mayora