iklan jual beli mobil

Nabung 18 Tahun di Bank Jatim, Uang 1,2 Miliar Milik Pria Ini Tak Bisa Ditarik

  • Hari Kadaryanto memiliki tabungan sebesar 1,2 miliar di Bank Jatim, namun uang tersebut tak bisa ditarik. 

Suarajatim.com - Melalui laman Instagram-nya, pengacara kondang Cak Sholeh membagikan kasus unik yang menimpa kliennya. Dalam video yang diunggah pada Minggu (2/7/2023) tersebut, seorang pria bernama Hari Kadaryanto, yang berasal dari Batu, Malang, Jawa Timur mengadukan bahwa uang tabungannya di Bank Jatim sebesar Rp 1,2 miliar tidak bisa ditarik.


"Punya uang di bank, tapi uangnya gak bisa diambil. Ini bukan bicara sejuta dua juta, tapi 1,2 miliar. Itu juga hasil menabung selama 18 tahun," kata Cak Sholeh.


Pak Hari diketahui telah memiliki rekening di Bank Jatim sejak tahun 2004. Namun belakangan, saat ia ingin mengambil tabungannya, Bank Jatim menolak dengam alasan kredit macet. 


"Jadi, Pak Hari ini adalah ketua Koperasi Petani Bumiaji. Nasabahnya memang ada yang nunggak kredit dari Bank Jatim. Namun, untuk kredit Pak Hari sendiri statusnya clear. Namun anehnya, kesalahan para petani yang menunggak malah dilimpahkan ke Pak Hari. Padahal, ini adalah urusan petani bersangkutan dengan Bank Jatim. Mentang-mentang Pak Hari punya uang 1M jadi ditahan, tidak bisa dicairkan," ungkap Cak Sholeh.


Menurut Cak Sholeh, kasus tersebut semakin aneh karena menurut pengakuan Hari, tahun lalu dirinya pernah mengajukan kredit ke Bank Jatim dan disetujui.


"Tahun lalu, Bank Jatim menyetujui pengajuan kredit dari Pak Hari ini sebesar 50 juta dan 25 juta. Lunas, tidak ada masalah. Artinya kalau catatannya hitam, tidak akan disetujui kreditnya," lanjut Cak Sholeh.

Hari mengaku telah berkali-kali menagih ke Bank Jatim namun tak kunjung mendapat titik terang. Ia bahkan sudah melayangkan laporan ke BPK dan OJK, namun tak juga membuahkan hasil.


Menurut Cak Sholeh, kasus seperti inilah yang membuat banyak masyarakat ragu menyimpan uang di bank. Padahal bank seharusnya menjadi lembaga yang aman dan terpercaya.


"Saya akan bantu Pak Hari. Nanti kita somasi Bank Jatim. Kalau satu dua kali somasi tetap gak dikembalikan, terpaksa Bank Jatim kita tuntut," tegas Cak Sholeh.


Diketahui Cak Sholeh memang kerap membantu masyarakat yang mendapat ketidakadilan hukum dengan memviralkannya di sosial media. 


"Keadilan harus diperjuangkan. No viral no justice. Semoga setelah ini Bank Jatim tahu, ada nasabahnya yang mengalami hal ini," tutup Cak Sholeh.

LihatTutupKomentar