mie lurus

PLN Memastikan Sistem Listrik di Ponorogo Stabil untuk Perayaan Grebeg Suro yang Meriah

PLN Probolinggo

Suarajatim.com - Perayaan Grebeg Suro menjadi tradisi budaya tahunan yang sangat berarti di Ponorogo, dan akan berlangsung mulai awal Juli hingga Agustus mendatang.


Untuk memastikan kelancaran perayaan ini, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) telah melakukan persiapan agar sistem listrik tetap andal dan dapat mendukung sepenuhnya kegiatan pelanggan.

Sebanyak 24 personil diturunkan oleh Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Madiun untuk melaksanakan pekerjaan penggantian material transmisi di Gardu Induk (GI) 70 kV Ponorogo. Peralatan yang diganti meliputi CT kopel 70 kV dan CVT.

“Current Transformer atau sering disebut CT adalah perangkat yang memungkinkan pemantauan kondisinya melalui hasil pengukuran, serta dapat dilindungi melalui proteksi jika terjadi gangguan yang menyebabkan arus yang sangat besar akibat hubungan singkat atau beban berlebih. Sementara itu, CVT atau Capacitive Voltage Transformer adalah salah satu perangkat di GI yang berfungsi sebagai alat proteksi untuk mentransformasikan tegangan sistem dari tinggi ke rendah sehingga pengukuran menjadi lebih aman, akurat, dan teliti. Oleh karena itu, pekerjaan ini dilakukan setelah inspeksi rutin mengindikasikan perlunya tindakan lanjut untuk memastikan keamanan sistem di GI,” ungkap Didik Fauzi Dakhlan, General Manager PLN UIT JBM, menjelaskan tahapan pekerjaan di lapangan.

Didik menambahkan bahwa pekerjaan tersebut berhasil diselesaikan meskipun cuaca ekstrem dengan tingkat kelembaban dan curah hujan yang tinggi.

"Semua pekerjaan telah diselesaikan untuk menjamin keandalan sistem, sehingga diharapkan semua kegiatan perayaan Grebeg Suro di Ponorogo dapat berjalan lancar dan meriah seperti biasanya," tambah Didik.

Kabupaten Ponorogo sendiri mendapatkan pasokan listrik dari GI 70 kV Ponorogo, sehingga kesiapan dan keandalan sistem di gardu induk ini sangat penting untuk menjamin kelancaran perayaan Grebeg Suro yang menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan identitas masyarakat setempat.

Dengan upaya PLN dalam memastikan pasokan listrik yang handal, diharapkan seluruh warga Ponorogo dapat menikmati perayaan dengan penuh sukacita dan kebanggaan.

LihatTutupKomentar
close
mayora