iklan jual beli mobil

Awas Nyesel Ambil Kredit, Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Ajukan Pinjaman

  • Masih banyak masyarakat yang merasa keberatan saat membayar cicilan kredit. Umumnya hal ini disebabkan karena mereka tidak mampu mengkalkulasi kemampuan finansial mereka. Berikut ini tips agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda.

FIF menjadi Platinum Sponsor di pameran IMOS+ dengan target Rp5,7 Miliar

Suarajatim.com - Saat ini, layanan pembiayaan, kredit, atau pinjaman kian menjamur. Hampir setiap barang dan jasa bisa diperoleh dengan kredit. Proses pengajuannya juga semakin mudah dan cepat. Maka tak heran, banyak orang tergiur menggunakan layanan ini tanpa berpikir panjang.


Sering terjadi, masyarakat terbuai untuk mengambil plafon semaksimal mungkin,  tanpa memperhitungkan dengan bijak seberapa besar sebenarnya jumlah yang dibutuhkan. Alhasil, saat sudah terlanjur mengajukan pinjaman, barulah terasa bahwa cicilannya terlalu berat.


Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, penting bagi Anda untuk mengetahui tips bijak dalam mengajukan pinjaman berikut ini:


1. Pahami Betul Kondisi Keuangan Anda Sebelum Mengajukan Pinjaman

Secara teoritis, para ahli keuangan mengatakan bahwa nilai ideal cicilan utang yang dimiliki tidak boleh lebih dari 30% dari total penghasilan bulanan. 


2. Ajukan Pinjaman Hanya untuk Kebutuhan Produktif

Contoh kebutuhan produktif seperti kendaraan operasional usaha, gadget untuk menunjang pekerjaan, dan barang sejenis yang jika digunakan bisa menjadi pemasukan bagi Anda di kemudian hari.


Hindari mindset konsumtif agar terhindar dari masalah yang Anda ciptakan sendiri. Jika kebutuhan Anda hanya Rp 30 juta, maka tak perlu mengambil pinjaman lebih dari itu meskipun fasilitas kredit yang ditawarkan bisa berlipat-lipat lebih besar.


3. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Jika Anda mengambil kredit sesuai kebutuhan dan kemampuan, maka membayar cicilan tepat waktu menjadi lebih mudah dilakukan. Disiplin membayar akan membuat Anda terhindar dari denda tunggakan.


Pada umumnya, proses penagihan oleh perusahaan pelayanan keuangan mengikuti aturan dari Otoritas Jasa Keuangan dengan besaran denda yang berbeda pada masing-masing layanan. 

FIF menjadi sponsor dalam acara Honda Bikers Day 2023


4. Pahami Hak dan Kewajiban

Sebelum mengambil kredit, pastikan Anda mengerti tentang hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen. Dengan demikian Anda mengambil keputusan finansial yang lebih cerdas. 


Dengan memahami hak dan kewajiban, konsumen juga jadi lebih mampu melindungi diri dan mengajukan keluhan atau komplain saat mengalami masalah dengan produk atau layanan yang dipilih. 


PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, tak hanya fokus pada pemasaran layanan keuangan, melainkan juga meningkatkan literasi keuangan pada masyarakat.


“Sering kali keluhan yang tampak sepele dapat mengalami eskalasi hingga mencapai tingkat perselisihan hukum. Maka, perusahaan pembiayaan tak hanya  bertanggung jawab pada bisnis, tapi juga pada perlindungan dan kesejahteraan konsumen," kata Setia Budi Tarigan, Operation Director FIFGROUP, dalam kegiatan Monthly Business Clinic (MOBIC) pada (15/9/2023).


5. Pilih Layanan Pembiayaan Terpercaya

FIFGROUP sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), telah hadir memberi solusi finansial bagi masyarakat Indonesia selama 34 tahun lamanya. Maka kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi. FIFGROUP senantiasa konsisten dalam memberikan layanan yang transparan, adil, dan berkualitas kepada konsumen kami. 


Tercatat dalam lima bulan pertama 2023, FIFGROUP telah menyalurkan pebiayaan hingga Rp 17,8 triliun. Pertumbuhan ini didukung oleh kinerja dari lima bidang layanan dengan brand services, yakni FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA, dan AMITRA


FIFASTRA adalah layanan pembiayaan khusus sepeda motor Honda yang menjanjikan proses cepat dan pelayanan yang aman untuk membantu masyarakat memiliki kendaraan untuk aktivitas sehari-hari.


FINATRA menawarkan pembiayaan produktif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Agar bisnis berkembang baik, pelaku UMKM harus mempertimbangkan pengajuan pinjaman yang bijak. Sebelum mengajukan pinjaman, lakukan analisis kebutuhan modal dengan cermat dengan mengukur kemampuan diri untuk membayar kembali pinjaman tersebut. Dari sana Anda dapat menentukan sumber pinjaman yang tepat, dengan suku bunga dan syarat yang sesuai dengan kemampuan.


AMITRA membatu mewujudkan impian umat muslim dalam menjalankan ibadah Haji ataupun Umrah, serta pembiayaan investasi logam mulia emas. Layanan ini menjadi opsi bagi Anda yang ingin menjalani kehidupan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.


SPEKTRA menyediakan layanan pembiayaan multiproduk, seperti alat elektronik, gadget, dan perabot rumah tangga. 


DANASTRA adalah pembiayaan kebutuhan masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, renovasi, modal nikah, kendaraan, hingga liburan. Dengan demikian, masyarakat dapat terbantu dalam mengatasi berbagai tantangan finansial dalam mewujudkan impian.


Melalui kelima merek tersebut, FIFGROUP telah berhasil memberikan solusi pembiayaan dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia selama 34 tahun.


Dengan lengkapnya opsi layanan yang ditawarkan oleh FIFGROUP, kini Anda tinggal menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

LihatTutupKomentar