mie lurus

PLN Kerahkan Berbagai Upaya Demi Listrik Andal Selama MotoGP 2023 Mandalika

  • PLN siap 100 persen menjamin kelancaran Gelaran MotoGP 2023 di Mandalika berjalan lancar tanpa hambatan kelistrikan.

Mataram, Suarajatim.com - Gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada 13-15 Oktober 2023. PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) menyatakan telah merampungkan 100 persen persiapan dari sisi kelistrikan.


Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, PLN menjamin suplai listrik selama MotoGP berada dalam kondisi andal dengan sistem keamanan pasokan berlapis.


“PLN memiliki standar sistem kelistrikan untuk event berskala internasional seperti ini. Mengingat kami juga sudah berpengalaman pada KTT G20, KTT ASEAN, Kejuaran Dunia Motorcross (MXGP) sebanyak tiga kali, Idemitsu Asian Talent Cup (IATC), Shell Eco-Marathon dan MotoGP di Mandalika NTB sebelumnya,” ungkap Darmawan.


General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo melaporkan bahwa saat ini progress kesiapan instalasi utama dan back up semua venue event MotoGP di Sirkuit Mandalika telah berjalan sesuai rencana.


“Alhamdulillah, progress setup instalasi kelistrikan di lokasi Sirkuit Mandalika yang terdiri dari pekerjaan setup venue utama dan peralatan back up, instalasi jaringan listrik, kesiapan personal, aset dan sarana serta checklist_keandalan sistem telah selesai,” paparnya.


Djarwo menguraikan kesiapan instalasi dan sarana pendukung meliputi kesiapan sistem transmisi di sistem Lombok dengan pola operasi Lombok ring 2 sirkuit.


Pasokan ke Mandalika masing-masing dari GI Kuta (30 MVA) & GI Sengkol (60 MVA), kesiapan sistem distribusi di-supply dari 3 feeder (Mandalika1, Mandalika2 & Sengkol) dengan skema Zero Down Time (ZDT), kesiapan peralatan pendukung dan kesiapan personil.


“Dari persiapan yang telah kami lakukan, kami telah siap mengawal gelaran MotoGP 2023 di Mandalika,” tambah Djarwo.


Sebagai peralatan pendukung, PLN telah menyiapkan 18 unit Genset, 19 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 9 Unit Gardu Bergerak (UGB) & 18 unit Automatic Transfer Switch (ATS), dan kesiapan personil 180 orang dengan didukung sarana 25 unit mobil dan 12 unit motor. 

Untuk menjamin semua rencana berjalan baik, PLN mengerahkan tiga Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang terdiri dari 8 orang personil PDKB berjarak dan 7 orang personil PDKB sentuh langsung.


PLN juga menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tambahan sebanyak 5 unit yang terdiri dari 2 unit SPKLU eksisting dan 3 unit SPKLU mobile dengan 1 unit berkapasitas 50 kilowatt (kW) dan 2 unit kapasitas 200 kW yang telah terpasang di Sirkuit Mandalika.


“Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder untuk lancarnya gelaran MotoGP ini. Kami berharap semoga event kelas dunia yang kembali hadir di Nusa Tenggara Barat dapat kami listriki dengan sebaik-baiknya,” tutup Djarwo.

LihatTutupKomentar
close
mayora