iklan jual beli mobil

PLN Serahkan Kendaraan Operasional ke Taman Hutan Raya Ngurah Rai

  • Keberhasilan PLN dalam mengamankan jalur pemasok kebutuhan listrik di gelaran KTT AIS pada 10-11 Oktober 2023, tak lepas dari kontribusi pihak Taman Hutan Raya Ngurah Rai.

Suarajatim.com - PT PLN (Persero) telah berhasil menyediakan kebutuhan listrik untuk acara KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Archipelagic & Island States Forum (AIS) 2023 di Nusa Dua, Bali.


Selain membenahi dan melakukan pemeliharaan sistem kelistrikan, serta menambah infrastruktur dari sistem 20 kV hingga sistem 150 kV, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) juga secara intensif berkoordinasi dengan stakeholder dalam upaya pengamanan sistem kelistrikan. Salah satunya dengan Tahura (Taman Hutan Raya) Ngurah Rai.


"Memasuki tahun kedua PKS untuk penggunaan lahan Tahura Ngurah Rai sebagai lokasi 98 pole transmisi 150 kv Pesanggaran-Nusa Dua, GI (Gardu Induk) 150 kv Nusa Dua dengan total luasan lahan 36,52 ha, menjadi contoh baik sehingga juga kami terapkan di Jawa Timur pada tower kami yang melewati Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur," kata Didik Fauzi Dakhlan selaku General Manager PLN UIT JBM.

Didik menambahkan PLN terus berkordinasi dengan Tahura Ngurah Rai dalam hal pengamanan sistem kelistrikan. Untuk itu PLN memberikan kendaraan operasional kegiatan pengelolaan kawasan hutan.


“Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat terus dibina sehingga PLN dapat fokus memastikan keandalan penyaluran listrik, sementara infrastruktur PLN aman berada di wilayah Tahura Ngurah Rai. Ini demi mencapai tujuan bersama, yakni menyukseskan KTT AIS yang menyangkut nama baik Indonesia di mata internasional," ungkap Didik.

Pada penandatanganan berita acara serah terima bantuan sarana prasarana operasional dari PLN, Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai, I Ketut Subandi, S.Hut, M.Si menyampaikan rasa terima kasihnya. 


"Koordinasi antara PLN dengan Tahura Ngurah Rai berhasil dibina dengan baik, banyak pelajaran yang kami dapat dari kolaborasi ini. Terima kasih atas dukungan operasional yang sangat bermanfaat bagi kami dalam pengelolaan kawasan hutan, terlebih untuk ikut menjaga tower SUTT yang ada didalam lahan Tahura," tuturnya.

LihatTutupKomentar