mie lurus

Pisang Sale Barsah Jadi Mitra Binaan PLN yang Raih Penghargaan Silver

  • KUB Barsah, mitra binaan PLN UIT JBM meraih penghargaan Silver dalam ICA dan ISDA Awards 2023 dengan usaha olahan pisang sale-nya.

Probolinggo, Suarajatim.com - Mitra binaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), Kelompok Usaha Bersama Barsah (KUB Barsah) dari Probolinggo, menjadi salah satu penerima penghargaan dalam ajang Indonesia CSR Award (ICA) 2023 & Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2023, yang diadakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD).


Program yang dijalankan oleh PLN UIT JBM tersebut merupakan realisasi dari tanggung jawab sosial perusahaan melalui TJSL (Tanggung Jawab Sosial Lingkungan). Program inilah yang berhasil meraih kategori Silver dalam penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2023 sebagai upaya peningkatan peluang usaha dan kerja bagi masyarakat.


KUB Barsah yang berada pada desa dengan penduduk miskin di Kabupaten Probolinggo diketahui telah berjalan sejak tahun 2005. Dimulai karena banyaknya ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan sehingga Wasilah, sebagai local hero inisiator KUB Barsah, mulai memberdayakan tetangga di sekitar rumahnya untuk memproduksi makanan olahan pisang sale. 

Menurut Wasilah, sejak adanya pendampingan PLN Peduli UIT JBM pada KUB Barsah dari tahun 2022 lalu, usahanya semakin berkembang pesat.


“Support penuh yang diberikan PLN Peduli sangat membantu KUB Barsah untuk berkembang pesat dengan adanya pemberian bantuan untuk operasional permintaan pasar yang terus meningkat”, ujar Wasilah.


Dengan menjadi mitra binaan PLN Peduli, Wasilah mengaku mendapatkan banyak masukan terkait packaging dan pemasaran produk olahan pisangnya.


”Pisang Sale Barsah kini mampu menjangkau pesanan dari luar negeri, karena kemasannya juga lebih modern dan menarik. Kami sangat bersyukur dengan dukungan dari PLN, masyarakat ibu-ibu yang mendapat manfaat yang mayoritas janda dan tidak berpenghasilan juga semakin banyak yang bisa kami bantu, sekarang juga yang ikut membantu di KUB Barsah dapat juga kami berikan jaminan kesehatan BPJS," papar Wasilah.

“Kami tentu bersyukur dan ingin menyampaikan selamat kepada KUB Barsah karna sudah bersungguh-sungguh dalam menjalankan dukungan dari PLN. Program yang diberikan PLN ini sebagai tanggung jawab sosial perusahaan dan kepedulian PLN berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dan komitmen nyata yang dapat dirasakan oleh masyarakat," kata General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin.

LihatTutupKomentar
close
mayora