iklan jual beli mobil

Yayasan WINGS Peduli Ajak Warga Bebersih Pantai Boom Tuban, Berhasil Kumpulkan 7 Ton Sampah

  • Yayasan WINGS Peduli menebarkan semangat melestarikan lingkungan melalui program Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban, serta edukasi dan pemberian fasilitas kebersihan.

Tuban, Suarajatim.com - Guna mengatasi penumpukan sampah di musim hujan, Yayasan WINGS Peduli berkolaborasi dengan Pemerintah Jawa Timur dan Tuban menggelar Aksi Bersih Pantai Boom di Tuban.


Tak hanya itu, Yayasan WINGS Peduli juga mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pemilahan sampah sekaligus memberikan fasilitas pengambilan sampah.


Dengan aksi #WINGSPeduliLingkungan, diharapkan masyarakat mau aktif terlibat dalam pelestarian lingkungan, termasuk pantai, dan mengelolaan sampah secara bertanggungjawab demi terciptanya tempat yang nyaman bagi generasi saat ini dan akan datang.


“Pantai Boom merupakan salah satu aset wisata Tuban, karena pemandangan alamnya serta lokasinya yang strategis, dekat Alun Alun Tuban dan Wisata Ziarah Sunan Bonang," kata Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky yang turut hadir dalam acara tersebut.


Aditya menjelaskan bahwa selain menjadi destinasi wisata, Pantai Boom juga merupakan sumber mata pencaharian bagi masyarakat lokal yang bekerja sebagai nelayan. 


"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tuban sangat mengapresiasi inisiatif dari Yayasan WINGS Peduli yang ikut mendukung upaya pelestarian Pantai Boom dalam Aksi Bersih Pantai kali ini,” ujar Aditya.

Metode pengambilan sampah dalam Aksi Bersih Pantai Boom Tuban adalah dengan pemungutan sampah di bibir pantai dengan susur pantai dan sampah di tengah pantai menggunakan mesin pengeruk.


Yayasan WINGS Peduli tidak sendirian dalam menyukseskan kegiatan ini. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Tuban, serta 400 partisipan yang terdiri dari pelajar sekolah, aparat kepolisian, kader lingkungan, serta karyawan WINGS Group Indonesia, turut serta melancarkan aksi kelestarian lingkungan tersebut. 

Setelah Aksi Bersih, Yayasan WINGS Peduli melakukan penyerahan sejumlah fasilitas pengangkutan sampah untuk membantu petugas kebersihan pantai dalam mengumpulkan sampah. Ini merupakan langkah awal waste management.


Adapun sampah yang ditemukan di Pantai Boom didominasi oleh sampah residu, sampah limbah, dan sampah plastik, dengan total 7 ton sampah. Dengan kata lain, aksi ini telah berkontribusi membersihkan 800 meter wilayah pantai.


Sampah yang terkumpul disetorkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tuban untuk kemudian didaur ulang.


Yayasan WINGS Peduli juga mengedukasi warga setempat terkait #PilahDariSekarang, yakni sosialisasi tentang pemilahan sampah berdasarkan kategori dan melakukan penyetoran sampah ke Bank Sampah. Hingga saat ini tercatat, lebih dari 20 ribu masyarakat teredukasi.


"Pantai yang bersih berpotensi meningkatkan traffic pariwisata Tuban dengan menarik wisatawan untuk datang berkunjung sambil melakukan aktivitas wisata bahari dengan nyaman. Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas nelayan yang menggantungkan rezekinya di pantai ini, serta mengurangi risiko kontaminasi plastik di hasil laut tangkapan mereka,” papar Oucky Hertanto selaku Perwakilan Yayasan WINGS Peduli.


Adapun program Yayasan WINGS Peduli dalam sektor lingkungan, antaranya Aksi Bersih Laut dan Aksi Bersih Sungai, pemberian fasilitas pengelolaan sampah, peresmian Bank Sampah, pembuatan Tempat Penampungan Sementara (TPS), dan edukasi #PilahDariSekarang yang secara rutin dilakukan. Inisiatif ini sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu “The Good Things in Life Should be Accessible for All”.

LihatTutupKomentar