iklan jual beli mobil

Jokowi Resmikan Wajah Baru Terminal Pakupatan Banten, Ini Kata Dirut Jasa Raharja

  • Jasa Raharja menyambut baik diresmikannya Terminal Tipe A Pakupatan, Serang, Banten oleh Presiden Joko Widodo.

Suarajatim.com - Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Terminal Tipe A Pakupatan, Serang, Banten pada Senin (8/1/2024). Ini merupakan bagian dari revitalisasi beberapa terminal dalam upaya meningkatkan minat masyarakat untuk beralih ke moda transportasi umum.


Terminal tersebut mengusung konsep mixed use, yakni sebuah konsep terminal modern multifungsi dengan tiga fungsi utama, yakni tempat naik turun penumpang bus, penggerak perekonomian daerah, dan pusat kegiatan sosial, seni, dan budaya.


Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A.Purwantono. Ia menyambut baik diresmikannya terminal tersebut, sebagai salah satu aspek penting dalam menciptakan pelayanan angkutan umum yang baik dan berkeselamatan. 


"Kami berharap, terminal ini dapat meningkatkan penggunaan moda transportasi umum, terutama bagi para pengguna kendaraan pribadi, khususnya kendaraan roda dua. Selain mengurangi kepadatan lalu lintas, langkah ini juga dapat meminimalisasi risiko kecelakaan lalu lintas," kata Rivan.


Nantinya, Terminal Pakupatan tidak hanya akan menjadi tempat naik turun penumpang, tetapi juga menjadi pusat ekonomi lokal. Di mana berbagai fasilitas akan disediakan, seperti area bisnis, restoran, dan tempat seni, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.


"Dengan adanya ruang-ruang khusus untuk kegiatan tersebut, terminal dapat menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi yang menyenangkan dan produktif bagi masyarakat setempat,” katanya.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang juga hadir dalam peresmian tersebut, mengungkapkan bahwa Terminal Pakupatan sudah berdiri sejak tahun 1995, dan melayani angkutan massal dalam kota, antar kota dalam provinsi (AKDP), dan antar kota antar provinsi (AKAP).


Sekitar 400 bis per hari lalu lalang di terminal yang menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera tersebut.


“Mulai 2022, kami melakukan revitalisasi dengan fungsi dan fasilitas yang lebih lengkap. Sehingga masyarakat semakin nyaman datang ke terminal,” ujar Budi.


Menhub menjelaskan bahwa sejak pelimpahan kewenangan pengelolaan Terminal Tipe A dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat, revitalisasi Terminal Tipe A menjadi salah satu program prioritas pemerintah.


“Kami terus meningkatkan fasilitas terminal sebagaimana bandara, agar semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal, khususnya bus,” paparnya.


Prosiden Jokowi mengatakan bahwa saat ini kemacetan menjadi masalah di hampir semua kota besar, utamanya di pulau Jawa. Penyebabnya adalah pertumbuhan penggunaan kendaraan pribadi. 


“Oleh sebab itu, kita terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan moda transportasi umum dengan menyediakan moda transportasi yang baik, mulai dari MRT, LRT, kereta cepat, KRL, hingga Trans Jakarta,” kata Jokowi.


“Saya sangat senang terminal Pakupatan ini ramai. Nantinya, dengan terminal yang sangat indah dan modern ini jumlah bus dan penumpang dapat bertambah. Sehingga menunjukan bahwa pergerakan orang menggunakan transportasi massal itu semakin banyak,” tutup Presiden.

LihatTutupKomentar