iklan jual beli mobil

PLN Berhasil Suplai Listrik 24 Jam untuk Enam Desa di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat


Suarajatim.com - Sebanyak ribuan warga di enam desa Kecamatan Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat kini dapat menikmati listrik selama 24 jam nonstop berkat upaya PT PLN (Persero) yang berhasil memperluas jaringan listrik ke wilayah tersebut.


PLN berhasil menyambungkan kelistrikan Putussibau dengan membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 17,02 kilometer sirkuit (KMS), Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 71,15 KMS, dan memasang 8 unit gardu distribusi dengan kapasitas 500 kiloVolt Ampere (kVA).

Petrus Dawin, Kepala Desa Sungai Uluk Palin, mengungkapkan antusiasme warga atas kehadiran listrik 24 jam. Sebelumnya, warga hanya memiliki listrik selama 12 jam dan harus bergantung pada genset untuk penerangan, yang membatasi aktivitas sehari-hari mereka.

"Dengan adanya listrik 24 jam ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada PLN dan pemerintah yang telah mewujudkan impian kami selama puluhan tahun untuk memiliki listrik yang menyala setiap hari siang dan malam. Kami berjanji akan menjaga aset PLN agar suplai listrik tetap lancar," kata Petrus.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengapresiasi upaya PLN dalam melistriki masyarakat di wilayah tersebut. Dia berharap, kehadiran listrik PLN dapat meningkatkan kesejahteraan, perekonomian, pendidikan, serta mempermudah akses informasi bagi masyarakat.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN atas kerja sama yang baik dalam memenuhi kebutuhan listrik warga negara. Semoga listrik ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ujar Fransiskus.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menegaskan bahwa penyediaan listrik ini merupakan komitmen PLN untuk memastikan akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat.

"Listrik kini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Kami bersama pemerintah terus meningkatkan akses listrik secara merata, terutama di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T), agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ujar Darmawan.

Joice Lanny Wantania, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Barat, menambahkan bahwa listrik 24 jam di enam desa tersebut didukung oleh sejumlah infrastruktur ketenagalistrikan.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu atas dukungan dan kerja sama dalam penyediaan listrik ini. Semoga aktivitas masyarakat semakin produktif dan dapat memajukan kesejahteraan di desa-desa," kata Joice.

LihatTutupKomentar