mie lurus

Jawa Timur Menjadi Provinsi Tujuan Wisatawan Lokal Paling Populer di Tahun 2023

tujuan wisata jawa timur
Foto:istimewa

Suarajatim.com - Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Jawa Timur berhasil menjadi provinsi tujuan wisatawan lokal paling populer di tahun 2023. Sebanyak 207,81 juta wisatawan nusantara (wisnus) memilih Jawa Timur sebagai destinasi wisata mereka sepanjang tahun ini. Angka tersebut mewakili 25 persen dari total perjalanan wisnus secara nasional.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut. "Alhamdulillah, data yang dirilis BPS menunjukkan bahwa sektor pariwisata Jawa Timur mampu membuktikan kualitasnya yang memang mampu menarik kedatangan wisatawan dengan segala keunggulannya," ujarnya, dikutip dari akun FB Khofifah Indar Parawansa.

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan bahwa sektor pariwisata menjadi andalan dalam mendongkrak ekonomi masyarakat Jawa Timur. Ia menambahkan, "Kita bersyukur bahwa Jatim menjadi provinsi paling populer dipilih sebagai tujuan berwisata para wisatawan domestik di tahun 2023."

Gubernur Khofifah juga menyebutkan beberapa destinasi unggulan yang menjadi favorit wisatawan. Di antaranya adalah Gunung Ijen yang terkenal dengan kawahnya yang memiliki api biru atau blue fire. Selain itu, Gunung Bromo juga menjadi destinasi yang sangat diminati karena keindahan alamnya dan berbagai spot foto menarik seperti Bukit Teletubbies, pasir berbisik, spot penanjakan untuk menikmati sunrise, dan Gunung Batok.

"Kejayaan sunrise di Gunung Bromo benar-benar mengagumkan dan layak menjadi destinasi yang wajib dikunjungi," kata Khofifah.

Tidak hanya destinasi wisata alam, Kota Batu juga menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan domestik di Jawa Timur. Jatim Park menjadi daya tarik utama di kota ini karena menyediakan banyak pilihan wahana rekreasi yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Khofifah mengajak masyarakat untuk terus mendukung sektor pariwisata Jawa Timur. "Banyak daya tarik wisata alam maupun flora fauna dan sebagainya di Jatim. Ayo berwisata ke Jawa Timur," tutupnya.

Dengan pencapaian ini, Jawa Timur semakin mengukuhkan posisinya sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.(*)

 

Ikuti berita Suarajatimcom dari Google News

LihatTutupKomentar
close
mayora