iklan jual beli mobil

Biaya Listrik Bengkak Saat WFH? Ini Tips Hemat Memakai AC Agar Tetap Dingin

 Tips hemat listrik saat memakai AC
Tips hemat listrik saat memakai AC

Suarajatim.com- Biaya listrik tidak akan pernah turun, apalagi bagi kita yang sekarang sedang bekerja dari rumah (WFH) maka selayaknya kita berhemat. Tapi bukan berarti dengan menghilangkan salah satu kenyamanan di rumah seperti penggunaan beban AC. Asalkan tahu caranya, Anda bisa menghemat membayar listrik meski AC dipakai terus.

Tips hemat listrik saat memakai AC

  1. Jangan setel suhu di bawah 22 derajat.
    Banyak orang yang menyetel  suhu pendingin ruangan pada 16-18 derajat agar ruangan menjadi lebih cepat dingin. Padahal cara ini salah besar karena kompresor AC akan bekerja lebih keras, sehingga daya listrik yang terpakai pun lebih besar.

    Suhu ruangan di Indonesia hampir tidak ada di angka 16 derajat. Jadi mesin AC akan bekerja secara stabil bila sudah sesuai dengan suhu ruangan. Pada umumnya suhu ruangan di daerah tropik seperti Indonesia sekitar 22 derajat.

  2. Pastikan ruangan selalu tertutup rapat.
    AC akan berusaha menyesuaikan dengan suhu ruangan. Ketika ada celah ruangan terbuka, maka AC akan berusaha untuk terus menerus menyesuaikan suhu. Oleh sebab itu, pastikan ruangan benar-benar tertutup ketika AC dinyalakan.

    Bagaimana dengan AC di ruangan terbuka, seperti ruang keluarga? Khusus untuk hal ini, tentunya AC memang akan sulit mencapai suhu rata-rata karena ruangan lebih terbuka dan juga luas. Kondisi ini juga menyebabkan AC akan terus bekerja maksimal.

  3. Bersihkan AC Setiap 3 Bulan.
    AC yang kotor akan berpengaruh pada kinerja mesin AC. Apabila AC kotor, maka mesinnya akan membutuhkan kerja ekstra untuk bisa mendinginkan sebuah ruangan. Bukan hanya bisa boros listrik, AC Anda pun akan cepat rusak.

    Idealnya, AC di rumah harus dibersihkan secara rutin minimal setiap tiga bulan. Apabila dalam kurun waktu tiga bulan terlihat masih bersih, belum tentu bagian dalamnya juga bersih.

  4. Pastikan ruangan bebas debu.
    Debu adalah musuh utama dari AC. Bagian yang harus diperhatikan kebersihannya adalah dinding dan bagian atas lemari.

    Apabila banyak  debu yang menumpuk dan kemudian tersedot sedikit demi sedikit oleh AC, maka mesin pun akan sulit bekerja mendinginkan udara. Kalau sudah seperti ini, listrik pun akan lebih banyak tersedot.

  5. Beri jeda saat tak sengaja mematikan AC.
    Anda pernah tiak sengaja menekan tombol off AC? Apa yang selanjutnya dilakukan? Kalau jawabannya langsung menekan kembali tombol tersebut untuk membuat AC kembali menyala, sebaiknya mulai sekarang lebih berhati-hati.

    Disadari atau tidak, kebiasaan tersebut akan membuat AC jadi mudah rusak. Tegangan listrik pun menjadi tidak stabil karena mesin dipaksa langsung kembali menyala. Apabila hal seperti ini terjadi, sebaiknya diamkan dulu beberapa saat dan selanjutnya AC bisa dinyalakan seperti biasa.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat listrik tetap hemat walau menggunakan AC di rumah. Punya pengalaman menghemat listrik untuk penggunaan AC? Berbagilah di kolom komentar agar pembaca lain juga tahu!
LihatTutupKomentar