iklan jual beli mobil

Gandeng TNI, Lapas Surabaya Gelar Vaksinasi COVID-19 Dosis Ketiga

vaksinasi lapas surabaya

Sidoarjo, Suarajatim.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster, pada Sabtu (26/3). Terdapat 160 orang yang mendapatkan vaksin booster yang terdiri dari petugas, keluarga petugas termasuk warga binaan.

Porsi pemberian terbesar pada warga binaan, sebanyak 126 orang telah disuntik vaksin dosis ketiga. Sedangkan untuk petugas ada 6 orang anggota keluarganya ada 8 orang.

"Alhamdulillah, sudah ada 140 orang yang bisa divaksin hari ini," kata Gun Gun Gunawan selaku Kalapas Surabaya.

Gun Gun menyebutkan bahwa vaksinasi yang digelar di Pujasera Lapas itu merupakan kolaborasi dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0816 Sidoarjo. Dalam kegiatan tersebut, pihak Kodim 0816 Sidoarjo mengirimkan 7 personel didampingi tim Latubaya Sehat yang dipinpin dokter Lapas Surabaya.

"Vaksinasi booster ini diprioritaskan untuk warga binaan yang sudah memenuhi persyaratan berupa 6 bulan setelah vaksinasi dosis ke-2 dan keluarga pegawai yang yang sudah memiliki jadwal vaksinasi ke-3," terang Gun Gun.

Gun Gun menjelaskan saat ini pihak lapas memang memperketat prosedur penerapan protokol kesehatan. Pasalnya, pihaknya tidak mau kasus tahun lalu terulang kembali.

"Kami banyak belajar dan sudah memiliki SOP baru yang lebih ketat untuk melindungi warga binaan dari terpaan omicron," tegasnya.

Selain itu, pelayanan kunjungan juga masih ditiadakan. Para petugas, khususnya yang bertugas menjaga blok juga rutin dilakukan tes swab antigen setiap tiga hari.

Mengingat, saat ini ada sekitar 2.000 orang warga binaan yang menghuni lapas yang terletak di Desa Kebon Agung itu.

"Target kami bulan depan semua warga binaan sudah tuntas untuk vaksin booster," pungkas Gun Gun. (*)
LihatTutupKomentar