Strategi Titip di Gudang Dilayani Tokopedia, Penjual Enggak Perlu Pindah ke Kota Besar

dilayani tokopedia

Surabaya, Suarajatim.com - Tokopedia terus mendorong produktivitas penjual lokal, salah satunya dengan menghadirkan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) yang mengadopsi teknologi geo-tagging, yaitu ‘Dilayani Tokopedia’.

Dengan strategi ini penjual bisa menitipkan produknya di gudang pintar Tokopedia di wilayah yang mempunyai permintaan tinggi, supaya penjual tidak perlu repot pindah ke kota besar untuk menjangkau pasarnya. Dengan begitu pembeli bisa mendapatkan produk tersebut secara cepat dan efisien.

Initial Coffee Roaster Perkenalkan Kopi Celup Lewat Tokopedia


“Sepanjang kuartal ke-3 2022, jumlah transaksi melalui Dilayani Tokopedia meningkat sebesar lebih dari 2 kali lipat. Sedangkann jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia ada kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Salah satu contohnya adalah Lumosh Fine Ceramics selaku UMKM di Surabaya yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta. Lumosh Fine Ceramic memproduksi dan menjual berbagai jenis keramik buatan tangan seperti cangkir, piring dan lain-lain sejak 2016.
apa maksud dilayani tokopedia

“Industri keramik mempunyai potensi yang masih sangat besar. Untuk terus memaksimalkan potensi yang ada, Lumosh Fine Ceramics memberdayakan ratusan perajin keramik lokal yang sebagian besar berasal dari Probolinggo,” ungkap Raymond Tjiadi selaku Co-Founder Lumosh Fine Ceramics.

“Latar belakang mereka sangat variatif, ada yang tadinya adalah seorang buruh pabrik dengan pengalaman yang minim di bidang keramik. Sebagian besar perajin yang kami punyai adalah perempuan,” lanjutnya.

Sebagai upaya untuk mendorong geliat industri keramik lokal, Raymond dan tim memanfaatkan teknologi Tokopedia. “Berkat Tokopedia, Lumosh Fine Ceramics berhasil mengalami kenaikan omzet hampir 2 kali lipat, terutama saat pandemi dibandingkan dengan sebelum pandemi,” jelasnya.

Kehadiran Dilayani Tokopedia juga membantu Lumosh Fine Ceramics menjangkau lebih banyak calon pembeli nasional dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sulawesi Selatan.
bebas ongkir dilayani tokopedia

Salah satu tantangan yang dihadapi Raymond dan tim adalah mengedukasi para konsumen bahwa produk Lumosh Fine Ceramics tidak sama satu dengan yang lainnya. Mengingat proses pembuatan keramik dilakukan secara manual menggunakan cetakan, artinya setiap produk Lumosh Fine Ceramics adalah karya unik.

“Kami menyadari inovasi produk sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut, alhasil Lumosh Fine Ceramics kini menjadi salah satu inisiator produk keramik yang menggabungkan antara produk keramik dan kayu. Penggabungan desain produk keramik dan kayu tersebut menjadi ciri khas dan keunikan desain produk dari Lumosh. Selain itu, kami juga menawarkan produk custom-made yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pembeli,” tutup Raymond.(*)
LihatTutupKomentar