PLN Sukses Jaga Keandalan Pasokan Listrik Selama KTT G20

  • Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali telah resmi ditutup. Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang apik dari semua pihak sehingga acara berjalan sukses. Tak terkecuali PT PLN (Persero) yang berperan penting menjaga keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung.

Bali, Suarajatim.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo pada 16 November 2022. Seluruh agenda pertemuan bersama 20 pemimpin negara besar dan puluhan lembaga internasional berjalan lancar. Hal ini tak terlepas dari peran PT PLN (Persero) dalam menjaga keandalan pasokan listrik selama acara berlangsung.


Presiden Joko Widodo mengungkapkan apresiasinya atas kerja keras seluruh pihak yang mendukung kelancaran pelaksanaan KTT G20 2022. Menurutnya sinergi, integrasi, hingga koordinasi berjalan sangat rapi. 


“Saya mengapresiasi kerja keras seluruh pihak. Kalau kita konsisten bekerja seperti ini, lompatan ke Indonesia maju akan sangat mudah,” ujar presiden.


Presiden Jokowi secara khusus juga memuji kinerja PLN dalam menyukseskan KTT G20. Sebelum meninggalkan acara Syukuran Panitia Nasional KTT G20 Indonesia 2022, Jokowi menghampiri Direktur Utama PLN serta seluruh petugas siaga untuk menyampaikan apresiasinya secara langsung.


"Terima kasih PLN," ujar Pak Jokowi sambil mengangkat jempolnya.


Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN kini bisa bernapas lega. Ia bersyukur acara KTT G20 berjalan lancar, sekaligus dapat membuktikan pada dunia bahwa PLN mampu memberi pasokan listrik yang andal di KTT G20.


“Perjuangan persiapan kita semua. Fokus all-out PLN dalam beberapa bulan terakhir, mandi keringat dalam latihan akhirnya terbayar lunas dengan gebyar KTT G20,” ujar Darmawan dalam Apel Apresiasi Dirut PLN kepada Tim Siaga Ketenagalistrikan di Denpasar, Bali pada Kamis (17/11). 


Lebih lanjut Darmawan menuturkan bahwa Presidensi Indonesia telah membuktikan pada dunia kemampuannya dalam menggelar KTT G20 dengan lancar, sukses dan terang-benderang. PLN telah memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan hingga personel senantiasa bersiaga demi memastikan kelancaran acara.


PLN telah melakukan persiapan sejak tahun lalu untuk memastikan transmisi, distribusi, serta infrastruktur kendaraan listrik selama perhelatan G20 aman. Beban puncak kelistrikan Bali saat gelaran KTT G20 terjadi pada tanggal 15 November 2022 yakni ketika pembukaan KTT G20 oleh Presiden Joko Widodo di Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua sekitar pukul 11.25 WITA, yakni sebesar 833 MW.


Layanan SPKLU dan Home Charging bagi ratusan kendaraan listrik dari para delegasi dan peserta KTT G20 juga dapat difasilitasi dengan sangat baik oleh PLN. Tercatat, konsumsi daya untuk kendaraan listrik mencapai 69 ribu kWh.


"Kesuksesan ini juga tak lepas dari bantuan Pemerintah, Paspampres, TNI, Polri, dan seluruh pihak, sehingga pengamanan kelistrikan, termasuk SPKLU ini dapat berjalan lancar," pungkas Darmawan. 

LihatTutupKomentar