Awas Korslet, PLN Bagi Tips Jaga Listrik Rumah Aman Selama Liburan

  • Merayakan liburan akhir tahun, biasanya masyarakat pergi berlibur meninggalkan rumah dalam kondisi kosong selama berhari-hari. PLN membagikan tips agar listrik di rumah dalam kondisi aman selama ditinggal liburan.

Suarajatim.com - Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah di depan mata. Masyarakat biasanya berbondong-bondong menghabiskan waktu liburan ke tempat wisata atau mudik ke kampung halaman. Untuk itu, PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat agar memastikan kelistrikan rumah dalam keadaan aman saat ditinggalkan untuk menghindari terjadinya hal-hal tak diinginkan.


“Dengan memastikan sistem kelistrikan di rumah dalam keadaan aman, masyarakat jadi bisa lebih tenang dan menikmati waktu liburan,” kata Gregorius Adi Trianto, Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN.


Adapun ini tips agar kelistrikan aman saat meninggalkan rumah adalah sebagai berikut:

  1. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dari colokan listrik. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya korsleting. 
  2. Nyalakan lampu penerangan seperlunya saja. Misal pada nagian teras, ruang tengah, dan halaman belakang rumah agar tetap terpantau situasinya, terutama bagi yang memasang kamera pengawas (CCTV). 
  3. Isi token/bayar tagihan listrik terlebih dulu. Bagi masyarakat yang ingin pergi meninggalkan rumah dalam beberapa hari, pastikan token dalam kondisi terisi untuk mengindari listrik padam. 
  4. Titipkan pada tetangga atau melapor kepada RT setempat jika akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Dengan demikian tetangga sekitar akan ikut mengawasi keamanan rumah dan segera melapor jika terjadi hal-hal yang dirasa janggal.

Masyarakat juga bisa mendownload PLN Mobile untuk mengakses layanan seperti token dan pembayaran, penyambungan baru, ubah daya dan migrasi, dan lainnya hanya dalam genggaman.

LihatTutupKomentar